Archive for the 'Rekayasa Perangkat Lunak Lanjut' Category

26
Jun
13

Pascal dan Delphi Bersama Geany dan Lazarus di Linux


Postingan ini sebenarnya bertujuan agar dosen dan mahasiswa bisa menggunakan dengan baik Geany dan Lazarus, sebagai solusi tepat agar tidak menggunakan Delphi bajakan maupun tampilan Pascal DOS jaman dulu (klo ga salah seingat ane waktu masih kuliah dulu). Linux dan open source itu menyenangkan

Untuk artikel bisa dicek di http://blog-si-gembel.blogspot.com/2012/10/program-gaji-karyawan.html karena ane ambil script contohnya di sana. πŸ˜€

Pemakaian IDE Geany sangat tepat untuk dikenalkan ke teman2 mahasiswa, khususnya yang mengambil mata kuliah pemrograman Pascal, C, Java, meski ID open source lainnya juga banyak (misal Java dengan Eclipse dan Netbeans yang juga open source dan ada di semua distro linux).

Untuk script dari link contoh di atas sebagai berikut :
Program Gaji_Karyawan;
uses crt;

var
nama, alm : string;
gapok, tot, tun : real;
gol, stt : char;
status, naik : boolean;

begin
clrscr;
write('Masukkan Nama : '); readln(nama);
write('Masukkan Alamat : '); readln(alm);

repeat
write('Masukkan Status [ M/T/D/J ] : '); readln(stt);
if (stt = 'M') or (stt = 'm') or
(stt = 'T') or (stt = 't') or
(stt = 'D') or (stt = 'd') or
(stt = 'J') or (stt ='j') then
naik := true
else
naik := false;
until naik = true;

repeat
write('Masukkan Golongan [ A/B ] : '); readln(gol);

if (gol='A') or (gol='a') or (gol='B') or (gol='b') then
status:= true
else
status:= false;

until status = true;

if (gol = 'A') or (gol = 'a') then
gapok := 500000
else
if (gol = 'B') or (gol = 'b') then
gapok := 1000000;

if (stt = 'm') or (stt = 'M') then
tun := 0.1 * gapok
else
if (stt = 'tm') or (stt = 'TM') and
(stt = 'D') or (stt = 'd') and
(stt = 'J') or (stt ='j') then
tun := 0;

tot := gapok + tun;

writeln;
writeln('======================================');
writeln('Nama : ',nama);
writeln('Alamat : ',alm);
writeln('Status : ',stt);
writeln('Gaji Pokok : ',gapok:0:0);
writeln('Gaji Total : ',tot:0:0);
readln;
end.

Berikut beberapa capture instalasi dan penggunaannya (contohnya di linux IGOS Nusantara, namun bisa di semua distro linux) :

Geany di Linux untuk pemrograman Pascal, C, Java

Geany di Linux untuk pemrograman Pascal, C, Java

Geany di Linux untuk pemrograman Pascal, C, Java

Geany di Linux untuk pemrograman Pascal, C, Java

Geany di Linux untuk pemrograman Pascal, C, Java

Geany di Linux untuk pemrograman Pascal, C, Java

Geany di Linux untuk pemrograman Pascal, C, Java

Geany di Linux untuk pemrograman Pascal, C, Java

Geany di Linux untuk pemrograman Pascal, C, Java

Geany di Linux untuk pemrograman Pascal, C, Java

24
Jun
13

Android Programming di Linux Menggunakan Eclipse


[share] : 3 capture yg ane unduh ini untuk demo pembelajaran pemrograman android apps development, bagi yg brminat mempelajarinya menggunakan linux igos nusantara (atau distro linux lainnya). yah masih hello world dulu πŸ˜€

langkah2nya sbb :
1. install java, jdk, dan kawan2nya (via repo igos)
2. install eclipse, sdk android, adt, dan kawanya2, klo mau simpel (semua distro linux), ambil versi zip ini (sudah bundel jadi 1)
http://developer.android.com/sdk/index.html
3. ekstrak, pindah ke lokasi folder eclipse, klik eclipse.
4. setting emulatornya (avd/android virtual device) via tab menu windows –> android virtual device manager) –> new –> pilih device –> next –> finish.
5. mulai project : tab menu file –> new –> android project –> beri nama –> next –> finish.
6. secara default sudah menjadi aplikasi hello world, klo mau ubah kalimat hello world jadi misalkan “gue ganteng”, ubah aja di bagian res –> value –>strings.xml
7. klik kanan project –> run as android application, ntarmuncul deh si emulatornya dan aplikasinya.
done.

happy coding with linux and open source (y)

Di linux IGOS Nusantara (netbook, RAM 1 GB) :

Android apps dev di linux

Android apps dev di linux

Android apps dev di linux

Android apps dev di linux

Android apps dev di linux

Android apps dev di linux

Di Linux Ubuntu (notebook, RAM 1 GB) :

Android programming di linux

Android programming di linux

Android programming di linux

Android programming di linux

Android programming di linux

Android programming di linux

29
Mar
11

Drawing Tool : DIA Diagram


Postingan ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya di sini.

Malam – malam gini lagi menikmati belajar (sekaligus tugas) untuk UML di bagian Activity Diagram. Di Linux, distro apapun juga, bisa menggunakan DIA Diagram. Dan aplikasi ini sangat powerfull. Bukan hanya untuk membuat desain gambar dari UML, namun desain jaringan dan sebagainya juga bisa. Silahkan dicoba.

Lanjutkan membaca ‘Drawing Tool : DIA Diagram’

25
Mar
11

Generate UML Dari Code Java Menggunakan Netbeans di Linux


Dalam Rekayasa Perangkat Lunak berbasis Object Oriented, keberadaan UML (Unified Modelling Language) adalah suatu hal yang mutlak, minimal berupa Use Case dan Class Diagram. Ibaratnya, buatlah desain dulu (secara formal) sebelum mengimplementasikannya dalam bahasa pemrograman. Bagaimana sebaliknya, jika desain ada secara kasar di dalam otak kita dan kita langsung coding? πŸ˜€ Tidak masalah, UML masih bisa digenerate dengan teknik reverse engineering. Gunakan IDE Netbeans πŸ™‚

Netbeans + plugin UML adalah generate tool, yaitu alat untuk menggenerate UML dari code yang telah kita buat sebelumnya. Untuk drawing tool, bisa menggunakan DIA Diagram ataupun Umbrello. Postingan nanti akan membahas sedikit mengenai DIA Diagram πŸ™‚

Lanjutkan membaca ‘Generate UML Dari Code Java Menggunakan Netbeans di Linux’

17
Mar
11

Hasil Report Diskusi Kelompok Software Requirement (Presentasi 16 Maret 2011)


Hasil Report Diskusi Kelompok Software Requirement (Presentasi 16 Maret 2011)

Oleh :
Erwid Jadied 23510303
Made Andhika 23510307
I Putu Agus Eka Pratama 23510310
Anthon R Tampubolon 2310311
Magister Informatika Teknologi Informasi ITB
Lanjutkan membaca ‘Hasil Report Diskusi Kelompok Software Requirement (Presentasi 16 Maret 2011)’

22
Feb
11

Eclipse and Geany Working Together di Ubuntu Ane :D


Klo baca judulnya sih, memang menggambarkan kerjasama yang baik antara mas Eclipse dan mbak Geany di Ubuntu Jaunty ane, dalam hal ini koding – kodingan Java, basis GUI πŸ˜€

Sebenarnya sih iseng aja, gimana yah klo lagi coding di Eclipse Ubuntu, terus kode tersebut dibuka di Geany, lalu dicompile dan dijalankan di Geany? πŸ™„
Lanjutkan membaca ‘Eclipse and Geany Working Together di Ubuntu Ane :D’

18
Feb
11

Silicon Valley dan Maribaya Bandung


Silicon Valley, siapa yang tidak pernah mendengar kawasan itu?

Saat pagi hari yang cerah, mengikuti mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak Lanjut oleh Bapak Arry Ahmad di magister Informatika ITB, Silicon Valley itu diucapkan lagi oleh beliau. Dari yang beliau sampaikan mengenai silicon valley tersebut, ane jadi bermimpi, seandainya Indonesia punya kawasan yang sama besar dan sama fungsinya dengan Silicon Valley dalam hal pengembangan IT. Dan entah mengapa, suasana Bandung nan sejuk di datarana tinggi ini mengingatkan ane dengan kawasan bernama Maribaya di tataran Sunda juga di bidang IT. Secara topologi tempat tersebut mirip dengan Silicon Valley.
Lanjutkan membaca ‘Silicon Valley dan Maribaya Bandung’










GNU Linux

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 81 pengikut lainnya

Arsip

Info Anda

Statistik Blog

  • 199,589 kunjungan