Hasil Report Diskusi Kelompok Software Requirement (Presentasi 16 Maret 2011)


Hasil Report Diskusi Kelompok Software Requirement (Presentasi 16 Maret 2011)

Oleh :
Erwid Jadied 23510303
Made Andhika 23510307
I Putu Agus Eka Pratama 23510310
Anthon R Tampubolon 2310311
Magister Informatika Teknologi Informasi ITB

Kelompok yang presentasi :
1.Kelompok I : Software Requirement untuk aplikasi CRM Generic.
Arie Ronaldo
Gregorius Widjanarko
Meizano Ardhi M
Teguh Setiadi
2.Kelompok II : Software Requirement Pada Sistem Aplikasi Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan di Kabupaten Bandung Propinsi Jawa Barat.
Alfi Satria
M. Nurkholish Abdurrazaq
Sandra Yuwana
Yunus Widjaya
Kelompok lain menyimak dan membuat laporan hasil diskusi untuk kemudian dikirimkan via email dan milis.

Catatan diskusi :
1.Kelompok I membahas mengenai aplikasi CRM Generic. Hal yang disampaikan dalam presentasi berupa deskripsi dan spesifikasi perangkat lunak, ruang lingkup, dan fitur yang dibangun. Pemodelan menggunakan Diagram Alir (Flow Chart) dan UML (Unified Modelling Language) berupa Use Case Diagram. Adapun Use Case yang disajikan berupa proses user melakukan otentikasi masuk ke sistem dan proses user mengelola data konsumen. Dalam tahap sosialiasi software requirement semua pengembang harus terlibat untuk menghasilkan software requirement yang tepat.

2.Diskusi terhadap UML. Kelompok lain ingin penjelasan lebih lanjut mengenai UML dan penambahan Use Case lainnya untuk melengkapi model dari perangkat lunak CRM yang dikembangkan tersebut sehingga diperoleh gambaran lebh lengkap mengenai proses bisnis dari perangkat lunak yang dibuat.
3.Kelompok II membahas mengenai Software Requirement Pada Sistem Aplikasi Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan di Kabupaten Bandung Propinsi Jawa Barat. Dijelaskan mengenai DFD (Data Flow Diagram) dan tahapan metodologi pengembangan sistem beserta berbagai tinjauan yang mendasari. Dijelaskan lebih rinci mengenai hal – hal apa saja yang perlu diketahui saat proses pembuatan suatu perangkat lunak, dimana antara pengembang dan client disarankan untuk membuat kesepakatan bersama mengenai apa saja yang dibutuhkan dalam perangkat lunak yang dibangun sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.
4.Terdapat banyak pertanyaan dari kelompok lainnya mengenai bagaimana suatu perangkat lunak dibangun dan apa saja batasan yang harus diperhatikan di dalam proses pengembangan suatu perangkat lunak .

5.Tingginya interaksi antara kelompok yang melakukan presentasi dan kelompok lainnya yang menjadi penyimak menunjukkan tingginya ketertarikan terhadap perangkat lunak yang dibangun. Hal ini mendukung tercapainya software requirement yang tepat sebelum dilakukan proses pengembangan lebih lanjut.

Kesimpulan hasil diskusi kelompok :
1)Dalam pengembangan suatu perangkat lunak, perlu disepakati bersama (hitam di atas putih, berupa suatu perjanjian tertulis yang resmi) antara pihak client dan pihak developer, mengenai apa yang dibutuhkan oleh client. Sehingga diperoleh data mengenai apa yang harus dikerjakan oleh developer sesuai dengan keinginan client agar di kemudian hari tidak terjadi kesalah pahaman dan juga mencegah timbulnya keinginan client yang meluas dari perjanjian yang telah disepakati bersama.
2)Pihak developer harus bisa menggali dan mengumpulkan info dan fakta sebanyak – banyaknya di lapangan agar dapat membuat proses bisnis dari proyek yang akan dikerjakan tersebut. Kesalahan fatal dari proses pengembangan perangkat lunak adalah kebiasaan developer yang selalu mengembangkan sistem berdasarkan sudut pandanganya sendiri, bukan berdasarkan keinginan user/client dan kondisi lapangan. Hal ini seringkali berdampak pada tidak efisiennya perangkat lunak yang dihasilkan, ketidak puasan client, dan pemborosan (effort dan dana) dalam rangka pengembangan perangkat lunak tersebut.
3)Teori sangat diperlukan dalam pengembangan suatu proyek perangkat lunak. Hanya saja, terkadang, sering ditemui di lapangan, kondisi dimana apa yang dijabarkan di teori tidak 100% berjalan. Meski demikian, teori tetap penting sebagai dasar dalam melakukan pengembangan perangkat lunak, termasuk juga dalam hal analisa.

Dokumentasi ini bisa juga didownload di sini. Diketik menggunakan Open Office bawaan Linux Ubuntu Jaunty beserta dengan konversi PDF bawaan defaultnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s