Berbagi Internet Di PC Linux Ubuntu ke HP Android


Sebenarnya artikel seperti ini banyak bertebaran di forum, web, dan blog, tentang sharing internet connection di linux Ubuntu menggunakan ap-hotspot. Saya mendokumentasikannya berdasarkan pengalaman sendiri. Jadi ceritanya pagi ini saya lagi di ruangan bekerja dengan PC All In One Lenovo dan single OS Linux Ubuntu 14.04 LTS 64 bit. Sementara HP saya Samsung J1 dengan OS Android dan koneksi dari provider Three (dual SIM sih, satunya lagi Indosat, tapi belum saya aktifkan). Tiba – tiba internet di hape mati. Setelah dicek, kuota inet sudah habis. Maunya switch ke yang Indonesat. Tiba – tiba kepikir : di PC kan udah ada internet dari kantor, kenapa ga sharing aja?

Googling2, nemu petunjuk dengan cara instal aplikasi Open Source bernama AP-Hotspot. Unduh saja di https://ubuntu.pkgs.org/14.04/webupd8-i386/ap-hotspot_0.3-1~webupd8~4_all.deb.html 😀 9ini yang 64 bit sesuai PC saya). Oya, syaratanya adalah PC yang akan disharing internetnya memperoleh koneksi secara wired yah (melalui kabel).

Setelah unduh file .deb, lalu klik saja, otomatis Ubuntu akan menginstal dengan meminta password root terlebih dahulu. Setelah instalasi selesai, ketik di terminal :

teknologi-informasi@teknologi-informasi-udayana:~$ sudo ap-hotspot configure
Detecting configuration…
Detected enp0s25 as the network interface connected to the Internet. Press ENTER if this is correct or enter the desired interface below (e.g.- eth0, ppp0 etc.):
Langsung saja ketik etho, karena PC yang akan berbagi koneksi internet terhubung melalui etho (kabel jaringan).
eth0
Enter the desired Access Point name or press ENTER to use the default one (myhotspot):
bagibagi

Ini maksudnya ngasi nama untuk koneksi yang akan dibagikan (hotspotnya sih), saya kasi nama bagibagi.
Enter the desired WPA Passphrase below or press ENTER to use the default one (qwerty0987):
anu123

Ini maksudnya ngasi passwordnya.
teknologi-informasi@teknologi-informasi-udayana:~$ sudo ap-hotspot start
Starting Wireless Hotspot…
Memulai berbagi koneksi. Kemudian cek di konfigurasi pada hape (di bagian wifi), biasanya pasti nongol, langsung deh konek 😀

Cara lainnya juga bisa kalo tidak ingin unduh ap-hotspot, yaitu melalui konfigurasi network di pojok kanan atas (kalo Unity), pilih sunting sambungan –> Tambah —> pilih Wi-Fi –> Buat –> pilih mode hotspot –> aktifkan –> selesai 😀

 

Satu tanggapan untuk “Berbagi Internet Di PC Linux Ubuntu ke HP Android

  1. Om, kalau sharing nya dari wifi ke wifi gimana caranya?

    Setau saya sih pake create_ap juga bisa. Tp kalau dihifupkan wifi di laptop malah gak
    Bisa konek…
    Terimakasih

    Suka

Tinggalkan komentar