putu-shinoda@my-machine:~$ whoami

Tux, maskot Linux

Orang tua saya memberikan nama I Putu Agus Eka Pratama , saat saya lahir di sebuah rumah sakit negeri di ibukota kabupaten Gianyar, propinsi Bali, pada tanggal 3 November 1985. Lahir dan dibesarkan di lingkungan keluarga guru dengan didikan yang baik dari ayah dan ibu.

Di dunia maya, nick terkenal saya (selain berbagai nick lainnya) adalah Putu Shinoda (nick tertua, saat pertama kali mengenal Linkin Park dan ngefans dengan Mike Shinoda sekitar tahun 2001).

Pertama kali mengenal komputer saat kelas 3 SMP (kira-kira tahun 2000-2001) dan masih takjub dengan sistem operasi Windows dan aplikasi MS Office (dan tidak tahu apakah sistem operasi dan aplikasi tersebut orisinil atau bajakan😀 )

Pertama kali keluar dari pulau Bali untuk mengembara ke Bandung Jawa Barat, tepatnya di kampus Institut Teknologi Telkom, fakultas Informatika, program studi S1, pada pertengahan 2004, setelah lulus SMA.

Di lab riset INS (Information Network System) ITB

Di lab riset INS (Information Network System) ITB

Mulai mengenali GNU/Linux dan aplikasi open source (FOSS – Free and Open Source Software, remember that “free” not always mean “free of charge” or “gratis”, but “freedom/liberty” or “kemerdekaan terhadap kode di dalamnya”🙂 ) semenjak menjadi mahasiswa di kampus ini, awal semester 1, melalui sekeping CD GNU/Linux Knoppix (sebelumnya sudah pernah melihat sistem operasi GNU/Linux saat kelas 2 SMA, namun langsung melarikan diri karena sangat aneh dalam pandangan saya saat itu😀 )

Mulai doyan Linux dan mulai mencicipi berbagai distro mulai dari Ubuntu, Slackware, Red hat, centOS, Fedora, debian, Open SUSE/SUSE, dan sebagainya. Kebetulan di kampus terdapat server internal yang menyediakan semua iso, repositori, dan aplikasi-aplikasi Linux.

Sangat tertarik dengan networking, sistem operasi, pemrograman, basis data, dan sebagainya. Hanya tertarik dan ingin mempelajari serta mengamalkannya di masyarakat.

hax0r

GNU Linux

GNU Linux

Motto “Semakin banyak yang saya ketahui, semakin saya mengetahui betapa bodohnya saya selama ini” dan “Sharing ilmu itu perlu dan wajib, bertanya bukanlah berarti anda bodoh”.

Saat kuliah S1 dulu, pernah menjadi asisten praktikum untuk basis data dan pernah mengambil proyek untuk sistem informasi di kampus Institut Manajemen Telkom, untuk menambah pengalaman dan ilmu, mengamalkan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah, serta menambah uang saku😀

Selepas kuliah S1, sekitar Oktober 2009, pulang kembali ke Bali dan bekerja sebagai dosen Informatika di kampus Stikom Indonesia (STIKI) untuk mata kuliah Sistem Operasi, Organisasi Komputer, dan Komputer dan Masyarakat. Sambilan juga menjadi freelance untuk sysadmin dan webadmin (kadang langsung juga menjadi webmaster) untuk beberapa perusahaan kecil di Denpasar. Semuanya berbasis Linux dan FOSS (Free and Open Source Software). Lagi – lagi untuk menambah pengalaman, ilmu, dan isi rekening, meski harus belajar mengatur waktu 24 jam/hari😀

Saat ini saya sedang cuti mengajar di kampus karena sedang kuliah Magister Informatika, peminatan Teknologi Informasi, di ITB, setelah lulus ujian masuk tepatnya. Yup, kembali ke Bandung lagi euy😀

depan lab INS

depan lab INS

Saya bisa dihubungi via alamat di bawah ini :
Email : i.putu.agus.eka.pratama[at]gmail.com
YM : i_putu_agus_eka_pratama[at]yahoo.com
Facebook : Putu Shinoda
G+ : Putu Shinoda.
Mindtalk : Putu Shinoda
Plurk : Putu Shinoda

Beberapa tulisan lainnya :
Kompasiana (Kompas Online)
Ilmu Komputer dot org
Slideshare

Salam.

31 thoughts on “putu-shinoda@my-machine:~$ whoami

  1. we bozz, engken carane ngae pang tulisan rage ngenah bedik gen, pang misi tulisan read more keto??
    oya, kunjungi blog saya juga ya di moroners.wordpress.com

  2. OK,nanti saya kunjungi.
    Be te we, cara itu gampang.Kan bisa dibuat pas saat ngedit tulisan?Coba login dulu, lalu edit sebuah artikel.Di bagian atas ada menu (lambangnya kotak dgn dua buah kolom).
    kamu tinggal pilih baris mana saja yg hendak ditampilkan sebagai awalan artikel,lalu klik tombol tersebut.Otomatis lanjutan artikel akan menjadi “selengkapnya” alias sambungan dari asrtikel tersebut.Gampang kan?

  3. Hayah…nih anak abis coding sempat2in mampir kemari😀
    makasih atas ucapannya😀 Ayo semngat kuliahnya.

    btw, keren kali loe waktu jadi pembicara di seminar MIX😀 Mantap

  4. Dear Putu,
    It is nice to see your Page..
    Oh, anak Telkom juga toh..
    orang bali lagi. You know, I like Bali and its people.
    Dulu pernah 1,5 Gladi di Bali, dan setiap minggunya jalan-jalan doank..
    ha..ha..ha..
    Kelarin z kulmu dlu, soal kerjaan..banyak tuh yang nunggu…OK
    salam hangat..

  5. @isybelharto:
    thx bro atas kunjungannya😀
    lagi dlm proses menuntaskan kuliah (entah kapan tuntasnya🙄 ::lol: hehe)

    yup, apa yg lu katakan di imel ntu gw simpan sbg saran terbaik dr seorang teman. thx U😀

    ngemenk2, gw juga dah main ke web lu dan sempat bikin komen disana😀

  6. He..he.. makasih ya udah berkunjung ke kedua blog-ku🙂
    Gmn ni kabarnya STT? dah lama gak berkunjung… Masih jadi asisten common labz? salam ya buat asisten2 yang lain… maaf klo dulu aku suka bandel waktu praktikum😀

  7. @firstyuyu :
    udah pensiun om..😀
    daku masih konsen nyelesaiin TA ama kuliah (ada bbrp yg ngulang..wkwkwk😆 )

    OK, thx jg dah main dimari…

    he, nyantai ajah…
    dulu waktu gw jd asisten lu, lu termasuk salah satu praktikan gw yg pinter kok😀

    Met menempuh hidup baru yah bro…

    gw nyusul kapan2 aja deh…😆

  8. wah keren juga bli web blog nya…wah kapan2 boleh dong bagi2 pengalamanya….
    info tentang pengalaman linuxnya juga mantap…

  9. bro…..u kan ahli linux, coba donk kasih artikel2 tip trik tentang linux gt, n aku ada masalah ni klo bisa dibantu….
    masalahnya, saya abis instal office 2007 di ubuntu 11.10, smua prog office lancar jaya (bisa dibuka semua) tapi power point kok gak bisa???? selalu muncul pertanyaan open by save mode, saya pilih apa pun tetep g ada respon,saya uninstal juga gak ada respon. gmn bro?

  10. Kenal agan Gus Eka ini pertama kali di forum Indonesian Backtrack (IBT), terus mesen kaos dan akhirnya ketemu langsung di Denpasar dalam waktu sekejap😛 Termasuk salah satu orang yang memotivasi saya di dunia FOSS untuk terus belajar dan berbagi…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s