Programmer Berpengaruh (Indonesia Juga Punya)


#share
#linux
#foss
#programming

12 programmer paling berpengaruh di dunia saat ini. Semoga memberikan inspirasi bagi kita semua. Happy coding with FOSS and freedom spirit. ;)
1. Linus Torvalds, pencipta kernel Linux.
2. Tim Berners Lee, pencipta protokol HTTP
3. Donal Knuth, desain dan analisa algoritma.
4. Brenden Eich, pencipta Java Script.
5. Solomon Hykes, pencipta Docker.
6. Mark Zuckerberg, pencipta jejaring sosial Facebook.
7. David Heinemeier Hansson, pencipta Ruby on Rail.
8. Richard M Stallman, Freedom and Open Source Software.
9. Bram Cohen, pencipta protokol Bit Torrent.
10. James Gosling, pencipta Java.
11. Bjarne Stroustrup, pencipta C++ (modifikasi dari C oleh Dennis Ritchie)
12. John Carmack, pencipta Doom.

Sumber :
http://www.businessinsider.co.id/most-influential-programmers-2015-7/#.VabrHqXtmkp

Tambahan :
Dari Indonesia?
1. BAIK Language (http://sourceforge.net/projects/baik/) oleh Harris Hasanuddin.
2. IGN SDK (http://ignsdk.web.id/) oleh Eka Tresna Irawan/Ibnu Yahya/Anak10th dkk.

*tambahkan lagi jika ada ;)

IOT dan IGN IOT


Ada yg tertarik mempelajari praktek IOT (Internet Of Things)?
baik untuk riset (S1/S2/S3) maupun project, pekerjaan, dll?

Produk FOSS (Freedom and Open Source Software) karya anak bangsa mampu membantu anda untuk mewujudkannya : IGN ARM, IGN IOT, Shark IO.
http://www.inponsel.co.id/berita/d/350846/igos-nusantara-buka-peluang-developer-web-kembangkan-perangkat-internet-of-things
http://www.codepolitan.com/ign-iot-menciptakan-proyek-iot-keren-dengan-mudah/

Lebih lanjut mengenai IGN (IGOS Nusantara) :
igos-nusantara.or.id/about/

Lebih lanjut mengenai IGN ARM dan IGN IOT :
http://igos-nusantara.or.id/igos-nusantara-arm-1-0/

Lebih lanjut mengenai IGN SDK :
http://ignsdk.web.id/

Konsep dan teori mengenai IOT dan perannya dalam teknologi informasi (salah satunya dalam Smart City) bisa dibaca di buku pertama saya (Smart City) :
biobses.com/penulis-201-i_putu_agus_eka_pratama.html

Unduh IGN IOT, IGN ARM, Shark IO :
http://repo.informatika.lipi.go.id/arm/image/
http://repo.informatika.lipi.go.id/
http://igos-nusantara.or.id/unduh/
https://github.com/anak10thn/shark.io
https://github.com/anak10thn/ignsdk-iot
https://github.com/ignsdk/doc.iot

Trailer Film HOS Cokroaminoto


“jika kalian ingin menjadi pemimpin besar, menulislah seperti wartawan dan bicaralah seperti orator”
“Hanya ada satu cara untuk melawan penjajah : setinggi – tingginya ilmu, semurni – murninya tauhid, sepintar – pintarnya siasat.”

Trailer film berkisah tentang Hadji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto, salah satu tokoh pahlawan bangsa ini. Latar waktu saat Indonesia masih dijajah Belanda dan semua kekayaan alam negeri ini dihisap untuk memperkaya bangsa Eropa tersebut. Indonesia memang sudah lama merdeka. Tapi melihat kondisi negeri kita saat ini, sepertinya kita mendambakan kembali hadirnya sosok guru bangsa seperti beliau.

ICITSI STEI ITB 2015


Ikut yuk, yg pengen sekalian publikasi ilmiah mengenai Teknologi Informasi terkini. :)
International Conference on Information Technology Systems and Innovation (ICITSI) tahun 2015.
Terbuka untuk dosen, mhs/i (S1, S2, S3), dan masyarakat umum.

Komite :
http://icitsi.com/?page_id=18

Topik :
http://icitsi.com/?page_id=16

Sekilas mengenai ICITSI :
http://icitsi.com/?page_id=12

NB :
Bagi yg ingin tau mengenai topik2 tsb, beberapa sudah saya bukukan ke dalam lima buku, di sela2 waktu kerja. Antara lain : Smart City, Grid Computing, Smart Grid (Smart Energy), Green Computing, Deep Packet Inspection, Over The Top, Cloud Computing, Cluster Computing, Social Media, Social Network, metodologi DSRM (Design Science Research Method), Cyber Crime, Cyber Law, kriptografi, Network Security, Internet Of Things (IOT)/Machine to Machine (M2M), dan Quality Of Service (QoS). Buku bisa dicek pada alamat biobses.com/penulis-201-i_putu_agus_eka_pratama.html atau pada toko – toko buku terdekat seindonesia.

Mengapa Saya Menulis Buku?


“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”
[Pramoedya Ananta Toer]

Itulah sebabnya saya meluangkan waktu untuk menulis buku, hingga tidak terasa saat ini sudah ada 5 buku saya yang telah terbit.

Kemudian di dalam membaca, dalam arti membaca semua informasi, berita, yang saat ini berseliweran di dunia internet dan fisik, saya mengutip istilah dari salah satu teman akrab saya (beliau seorang Muslim/beragama Islam), sebagai “Tabbayun”. Diartikan secara harfiah, cek dulu kebenaran sebuah informasi atau berita yg diterima, guna menghindari fitnah dan kebohongan. Itu sebabnya, saya menghindari dan menahan diri untuk tidak sekedar “klik tombol Share” atau komentar terkait berita – berita apapun saat ini, sebelum semuanya jelas.

Meski demikian, kita semua sama – sama manusia biasa. Tidak dapat terhindar dari khilaf. Kesempurnaan hanyalah milik Tuhan YME. Demikian juga dengan apa yang saya sampaikan, langsung (lisan) maupun tulisan.
CMIIW

Jadi Dosen Terbang Ke Universitas Udayana


Lagi di Denpasar Bali. Ceritanya sedang jadi dosen terbang alias dosen yg klo berangkat ngajar terbangnya pakek pesawat Garuda (untung ga terbang pakek naga kayak di tipi itu). Saya hanya ingin berbagi mengenai 2 hal ke mahasiswa/i di sini :
1. Mengenai integrasi dan migrasi sistem IT. Mulai dari apa itu sistem, integrasi, migrasi, level – level integrasi (sistem, database, aplikasi, middleware), teknologi – teknologi yang digunakan di dalamnya (Cloud Computing, Smart City, Web Service, Internet Of Things, dll), hingga membahas mengenai Business Activity Monitoring (BAM) dan Application To Application. Untuk poin pertama ini, saya mereferensikan di buku pertama saya (Smart City).
2. Mengenai metodologi di dalam penelitian Tugas Akhir mahasiswa/i S1. Hal yang menarik adalah konsepnya untuk meng”IT”kan budaya dan tradisi Bali dan Hindu, ke dalam aplikasi perangkat digital. Ini bagus, di mana teknologi digunakan dengan baik untuk sejalan dengan pelestarian budaya dan agama bagi generasi muda. Seperti kita ketahui bersama, baik di Bali maupun daerah lainnya di Indonesia, kemajemukan agama, suku bangsa, budaya, dll, adalah khazanah kekayaan bangsa ini, yang membuat kagum bangsa – bangsa lainnya di dunia. Maka, sebagai generasi muda, tugas kita bersama untuk mencintai budaya sendiri dan melestarikannya untuk anak cucu. Demikian pula dgn ajaran agama masing2. Misalkan saja salah satu mahasiswa membuat aplikasi untuk resep kuliner kue – kue khas bali ke dalam aplikasi berbasis Android. Apapun penelitian yang mereka kerjakan, saya menyampaikan sebuah metodologi (yang juga saya pakai waktu Thesis saat kuliah S2 dulu di STEI ITB) bernama DSRM (Design Science Research Method). Metodologi ini bagus dan rapi menurut saya. Ada saya kemukakan di dalam buku kedua (Sistem Informasi). Bukan terbatas untuk sistem informasi saja, menurut saya, untuk metodologi DSRM ini.

Referensi buku :
biobses.com/penulis-201-i_putu_agus_eka_pratama.html

Menikmati apa yang saya lakukan ini, sejatinya apa yang saya tulis hingga menjadi lima buku dan menyajikannya ke masyarakat dan akademisi, bukan untuk jualan atau uang. Utamanya adalah berbagi ilmu, agar ilmu itu menyebar secara fisik dalam bentuk buku. Uang (rejeki) itu akan datang apabila kita mau bekerja keras, ingat berdoa, ingat beramal ke sesama (beramal dalam bentuk uang, beramal dalam bentuk ilmu, dll), dan terutama, selalu bersyukur kepada Tuhan YME. CMIIW.