Etherape : Pengenalan, Instalasi, Penggunaan


Etherape merupakan salah satu tool standar di dalam jaringan komputer untuk melakukan pengendusan paket dan analisa jaringan berdasarkan kepada protokol, denganm grafikal yang mudah dipahami. Tampilan node pada GUI aplikasi, menunjukkan host dan domain yang terhubung di dalam jaringan. Aplikasi ini berlisensi open source. Pada sejumlah distro Linux untuk kebutuhan penetrasi, tool ini sudah langsung disediakan. Bagi distro lainnya, dapat menambahkan secara manual, misalkan melalui repositori.

Pada salah satu netbook saya, distro yang digunakan adalah Linux Xubuntu, sehingga mutlak Etherape harus diinstal manual melalui repositori. Gunakan perintah berikut ini :

deathknell@my-small-machine:~$ sudo apt-get install etherape

Instalasi Etherape
Instalasi Etherape

Biarkan proses berjalan hingga selesai dengan baik.

Instalasi Etherape selesai
Instalasi Etherape selesai

Jalankan dengan perintah berikut :

deathknell@my-small-machine:~$ sudo etherape

Hasilnya dapat berbeda – beda, bergantung kepada jaringan yang digunakan. Pada capture di bawah ini, diujikan pada jaringan internet salah satu provider melalui smartphone penulis, yang dihubungkan (tethering) ke netbook dan ke perangkat smartphone lainnya yang penulis miliki.

Capture etherape
Capture etherape

 

Sedangkan pada jaringan kampus, hasil yang ditunjukkan oleh Ethereap sebagai berikut :

Ethereap pada jaringan kampus
Ethereap pada jaringan kampus

Pada pengujian ini, secara default, Etherape menggunakan mode IP (Internet Protocol). Anda dapat menggantikan dengan model TCP (Transmission Control Protocol) melalui menu Capture –> Mode –> TCP.

Mode TCP
Mode TCP

2 tanggapan untuk “Etherape : Pengenalan, Instalasi, Penggunaan

Tinggalkan komentar