Archive for the 'Catatanku' Category

12
Apr
17

Berbagi Internet Di PC Linux Ubuntu ke HP Android


Sebenarnya artikel seperti ini banyak bertebaran di forum, web, dan blog, tentang sharing internet connection di linux Ubuntu menggunakan ap-hotspot. Saya mendokumentasikannya berdasarkan pengalaman sendiri. Jadi ceritanya pagi ini saya lagi di ruangan bekerja dengan PC All In One Lenovo dan single OS Linux Ubuntu 14.04 LTS 64 bit. Sementara HP saya Samsung J1 dengan OS Android dan koneksi dari provider Three (dual SIM sih, satunya lagi Indosat, tapi belum saya aktifkan). Tiba – tiba internet di hape mati. Setelah dicek, kuota inet sudah habis. Maunya switch ke yang Indonesat. Tiba – tiba kepikir : di PC kan udah ada internet dari kantor, kenapa ga sharing aja?

Googling2, nemu petunjuk dengan cara instal aplikasi Open Source bernama AP-Hotspot. Unduh saja di https://ubuntu.pkgs.org/14.04/webupd8-i386/ap-hotspot_0.3-1~webupd8~4_all.deb.html πŸ˜€ 9ini yang 64 bit sesuai PC saya). Oya, syaratanya adalah PC yang akan disharing internetnya memperoleh koneksi secara wired yah (melalui kabel).

Setelah unduh file .deb, lalu klik saja, otomatis Ubuntu akan menginstal dengan meminta password root terlebih dahulu. Setelah instalasi selesai, ketik di terminal :

teknologi-informasi@teknologi-informasi-udayana:~$ sudo ap-hotspot configure
Detecting configuration…
Detected enp0s25 as the network interface connected to the Internet. Press ENTER if this is correct or enter the desired interface below (e.g.- eth0, ppp0 etc.):
Langsung saja ketik etho, karena PC yang akan berbagi koneksi internet terhubung melalui etho (kabel jaringan).
eth0
Enter the desired Access Point name or press ENTER to use the default one (myhotspot):
bagibagi

Ini maksudnya ngasi nama untuk koneksi yang akan dibagikan (hotspotnya sih), saya kasi nama bagibagi.
Enter the desired WPA Passphrase below or press ENTER to use the default one (qwerty0987):
anu123

Ini maksudnya ngasi passwordnya.
teknologi-informasi@teknologi-informasi-udayana:~$ sudo ap-hotspot start
Starting Wireless Hotspot…
Memulai berbagi koneksi. Kemudian cek di konfigurasi pada hape (di bagian wifi), biasanya pasti nongol, langsung deh konek πŸ˜€

Cara lainnya juga bisa kalo tidak ingin unduh ap-hotspot, yaitu melalui konfigurasi network di pojok kanan atas (kalo Unity), pilih sunting sambungan –> Tambah —> pilih Wi-Fi –> Buat –> pilih mode hotspot –> aktifkan –> selesai πŸ˜€

 

30
Mar
17

Selalu Sabar dan Selalu Bersyukur Kepada Tuhan


Di manapun, termasuk juga di jalan raya, harus selalu hati – hati dan ingat berdoa, demi keselamatan diri sendiri, keluarga, dan orang lain (pengguna jalan lainnya). Tadi pagi ada sepeda motor butut mogok mendadak di depan mobil saya, untung mobil saya dalam kecepatan yang dapat dikendalikan dan sudah jaga jarak (demikian juga dengan mobil lainnya di belakang saya). Pemotor memang meminta maaf ke saya dan cepat – cepat menepi agar saya dan mobil lainnya bisa melaju kembali. Marah? Tidak ah, saya maklumi saja. Ada 2 hal :
Pertama, kita memang harus selalu sabar dan berpikir tenang (dengan otak dingin, bukan dengan kepala panas) terhadap kondisi dan masalah apapun. Berpikir positif saja, bisa jadi dia tidak sempat ngecek/service motornya karena sibuk, belum lagi bonceng istri dan anak. Saya juga seorang suami dan ayah, saya merasakan juga. πŸ˜‰
Kedua, saya pernah ada di posisi dia beberapa tahun lalu, jaman saya masih hidup susah. Iya, makek motor butut juga, yang mungkin sudah beberapa kali mogok di jalan, ban pecah, ngerepotin deh pokoknya. Tapi dengan motor butut itulah saya bisa jualan atau bekerja apapun (yang halal) untuk biaya hidup sekaligus sambil kuliah S2 di STEI ITB (sukur2 saya bisa lulus tepat waktu, IPK 3,80). Saya komitmen pada diri sendiri dan ke pacar saya (istri), susah senang kita lalui bersama. Realistis saja : hidup setelah memutuskan untuk menikah/berumah tangga itu perlu uang, bukan cuman kata cinta saja layaknya orang pacaram. Jadi kami sama – sama selesaikan S2 kami, kerja/ngumpulin duit, nikah, dan mulai mengurus bersama rumah tangga kami. Semua itu ada prosesnya. Itulah hidup.
Hidup itu seperti roda menurut saya, kadang di bawah, kadang di atas. kalo mau bekerja dan berdoa kepada Tuhan YME, roda kehidupan itu akan berputar dari bawah ke atas. Sebaliknya, roda juga bisa berputar dari atas ke bawah. Asalkan kita selalu ingat kepada Tuhan YME, kita pasti bisa tabah dan meyakini Tuhan tidak akan memberikan cobaan melebihi batas kemampuan umatNya. Selain itu, kita juga akan selalu ingat bahwa kita pernah ada di bawah dan selalu bersyukur kepadaNya, bukan malah jadi sombong.

CMIIW.

30
Mar
17

Menjadi Pembicara di Meetup 14 ID Big Data


Acara Jumat 24 Maret 2017 kemarin, ikut serta menjadi pembicara untuk Meetup ke 14 ID Big Data, bertempat di kampus Udayana Jimbaran Bali.

Poster

Poster

 

Meetup ID Big Data 24 Maret 2017

Meetup ID Big Data 24 Maret 2017

 

Untuk video dapat diakses di sini (video dari pembicara lain juga tersedia) :

Dalam kesempatan ini, selain sambil ramah tamah, juga dibagikan beberapa buku saya dan juga souvenir dari pihak ID Big Data. Jika tidak ada halangan, ke depannya akan diadakan conference mengenai Big Data di Bali. πŸ™‚

23
Jan
17

Materi Praktek Mandiri Manajemen Jaringan Dan Server


Terlampir softcopy materi Manajemen Jaringan dan Server yang pernah saya ampu, mungkin ada yang memerlukan. Untuk referensi bisa melihat di buku ketiga saya berjudul Handbook Jaringan Komputer (penerbit Informatika, tahun terbit 2014, tersedia di toko – toko buku seluruh Indonesia).

Manajemen Jaringan dan Server

02
Des
16

Memperbaiki Panel Atas IGOS Nusantara Yang Hilang Atau Terhapus


Sekedar berbagi. Saya memiliki beberapa buah komputer pribadi dengan semuanya menggunakan OS Linux (beda distronya saja). Salah satunya adalah pada netbook saya dengan OS IGOS Nusantara yang paling sering dipakai oleh anak saya (mungkin karena ukurannya yang kecil yah, namanya juga netbook). Nah pada suatu saat entah kenapa, panel atas terhapus tidak sengaja oleh anak saya (ga tau dia ngeklik apaan πŸ˜€ ).

Tampilannya jadi seperti ini (lihat di bagian kiri atas) :

Panel atas hilang atau terhapus

Panel atas hilang atau terhapus

Ya sudah, santai saja πŸ˜€

Tinggal klik kanan di bagian panel yang kosong tersebut, pilih opsi Tambah Ke Panel, kemudian pilih Baris Menu Baris Menu Pribadi (dengan logo IGN). Klo sudah, kemudian klik Tambah diikuti dengan Klik Tutup. Selanjutnya klik kanan tambahan menu pada panel yang baru kita tambahkan tersebut, pilih opsi Pindah/Pindahkan. Tujuannya ya agar mudah di geser sesuai keinginan kita. Selesai πŸ˜€

Menambahkan menu untuk panel

Menambahkan menu untuk panel

 

Kembali seperti sedia kala

Kembali seperti sedia kala

11
Nov
16

Buku Kedelapan : Integrasi Dan Migrasi IT


Mumpung ada waktu, ajak anak istri jalan2 bentar ke Mall Taman Anggrek. Salah satunya beli buku cerita di Gramedia. Eh ngeliat buku kedelapan saya sudah nangkring di rak atas kategori komputer. πŸ˜€

klo berminat, silahkan langsung ke toko buku terdekat atau di http://katalogbiobses.com/penulis-type-rows-i_putu_agus_eka_pratama-1726.html

 

Integrasi dan Migrasi IT (buku kedelapan)

Integrasi dan Migrasi IT (buku kedelapan)

11
Nov
16

Mlontosin Si Kecil


10 November 2016 , di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Limijati Bandung, abis mlontosin si kecil biar makin ganteng πŸ˜€

Saya dan putra saya

Saya dan putra saya










GNU Linux

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 81 pengikut lainnya

Arsip

Info Anda

Statistik Blog

  • 199,589 kunjungan