Archive for the 'Udayana Mengajar' Category

09
Okt
17

Upgrade Libre Office di Linux Ubuntu


Sebenarnya sama saja sih dengan postingan saya sebelumnya dengan studi kasus di Linux IGOS Nusantara (RPM Based πŸ˜€ ) Karena ga ada kerjaan, saya posting lagi πŸ˜€

Seperti biasa, unduh dulu secara manual Libre Officenya di http://libreoffice.org/ (komputer saya makek yang versi DEB 64 bit). Di komputer saya, lokasi file diletakkan di /home/deathknell/Unduhan πŸ˜€

Kemudian uninstall dulu Libre Office yang lama dengan perintah berikut di Terminal Linux :

deathknell@my-machine:~$ sudo apt-get purge libreoffice*

Biarkan proses berjalan, saya menikmati secangkir kopi hitam πŸ˜€

Uninstall Libre Office

Uninstall Libre Office

Jika sudah, kemudian ekstrak file Libre Office terbaru yang telah diunduh (ekstensi .tar.gz), saya cukup klik kanan makek Ark bawaan Linux Ubuntu. Silahkan kalo mau makek command di Terminal πŸ˜€

Kemudian beralih ke folder hasil ekstraksi, di komputer saya lokasinya di /home/deathknell/Unduhan/LibreOffice_5.4.2.2_Linux_x86-64_deb/DEBS (gunakan perintah pwd untuk lebih jelas).

Kemudian gunakan perintah berikut untuk menginstall semua file .DEB tersebut :

deathknell@my-machine:~/Unduhan/LibreOffice_5.4.2.2_Linux_x86-64_deb/DEBS$ sudo dpkg -i *.deb

Biarkan proses berjalan sampai selesai, mari menikmati kopi bersama roti/gorengan πŸ˜€

Install Libre Office manual

Install Libre Office manual

 

Tinggal panggil dan jalankan πŸ˜€

Panggil dan jalankan

Panggil dan jalankan

Iklan
29
Sep
17

Speaker International Conference Cyber Security CodeBali 2017


Untuk kedua kalinya ikut berpartisipasi di dalam acara International Conference Cyber Security code Bali 2017, yang diadakan oleh IDSIRTII/CC, Kemkominfo RI, dan para pihak lainnya. Topik yang saya bawakan mengenai Big Data Security, berangkat dari project di pemerintahan sekaligus riset di kampus Udayana. Tentunya memanfaatkan FOSS dan Linux.

Sertifikat

Sertifikat

 

Presentasi

Presentasi

 

Presentasi

Presentasi

URL di https://codebali.id/speaker

17
Sep
17

Menambahkan Font Windows di Libre Office Linux


Cara ini sebenarnya sudah ada banyak di internet. cara paling mudah adalah menggunakan layanan dari internet yang disediakan oleh Linux melalui repositori mereka masing – masing, dengan mematuhi EULA yang disertakan saat proses instalasi. Pada Ubuntu dan turunannya, dapat menggunakan perintah berikut di Terminal :

deathknell@my-machine:~$ sudo apt-get install ttf-mscorefonts-installer

dilanjutkan dengan perintah :

deathknell@my-machine:~$ fc-cache-fv

Pengaturan kemudian dilakukan pada Libre Office di Tool –> Options –> Libre Office Writer –> Font

namun apabila font – font Windows (terutama Times New Roman, yang sering digunakan) tidak muncul juga, terpaksa digunakan cara manual berikut :

  1. Unduh font di internet dengan kata kunci times new roman font download (boleh tambahkan kata free di belakangnya). BiasanyaΒ  diperoleh ekstensi .zip
  2. Ekstrak, kemudian klik kanan file .ttf (font) menggunakan Font Viewer bawaan Linux.
  3. Pilih opsi Install
  4. Selesai.

Tutorial ini dibuat saat kebutuhan akan font ini untuk membuat slide dan materi kuliah di Libre Office menggunakan Ubuntu yang baru terinstal di notebook baru (menghapus os windows bawaannya), yang sayangnya font windows belum default disertakan di dalamnya.

Tampilan file ttf saat akan diinstal menggunakan font viewer di linux

Tampilan file ttf saat akan diinstal menggunakan font viewer di linux

22
Jun
17

Paper Dimuat di IEEE


Salah satu paper bersama mahasiswa bimbingan, berhasil dimuat (terindex) di IEEE, saat mengikuti ICITSI 2016 lalu. Materi mengenai mobile forensic dan keamanan sistem (security).

Dapat dilihat di http://ieeexplore.ieee.org/document/7858226/

21
Jun
17

Upgrade Libre Office 5.3.3.2


Singkat saja, Libre Office jadi lebih powerfull πŸ˜€

Khusus untuk netbook saya, unduh dulu versi 32 bit (dan saya unduh juga yg versi 64 bit) di sini :

http://download.documentfoundation.org/libreoffice/stable/5.3.3

saya pakek wget saja dan saya taruh di desktop πŸ˜€

Klo sudah, uninstall dulu Libre Office yang di netbook (sudah jadul), gunakan perintah berikut :

bash-4.2# yum remove libreoffice*

Klo sudah, kemudian ekstrak dengan perintah berikut (pindah dulu ke desktop tempat file berada) :

[certain-death@my-small-machine Desktop]$ tar -xvf LibreOffice_5.3.3_Linux_x86_rpm.tar.gz

Ekstrak

Ekstrak

Pindah ke lokasi direktori Libre berada lalu ke sub direktori rpms.

[certain-death@my-small-machine Desktop]$ cd LibreOffice_5.3.3.2_Linux_x86_rpm/
[certain-death@my-small-machine LibreOffice_5.3.3.2_Linux_x86_rpm]$ ls -la
total 40
drwxr-xr-x 4 certain-death certain-death 4096 Mei 4 15:32 .
drwxr-xr-x 15 certain-death certain-death 16384 Jun 21 12:56 ..
-rwxr-xr-x 1 certain-death certain-death 10526 Mei 4 15:32 install
drwxr-xr-x 2 certain-death certain-death 4096 Mei 4 15:32 readmes
drwxrwxr-x 2 certain-death certain-death 4096 Mei 4 15:32 RPMS
[certain-death@my-small-machine LibreOffice_5.3.3.2_Linux_x86_rpm]$ cd RPMS/

Instal semua file .rmp dengan perintah berikut :

[certain-death@my-small-machine RPMS]$ su
Password:
bash-4.2# yum localinstall *.rpm

Install LO terbaru

Install LO terbaru

 

Install LO terbaru

Install LO terbaru

 

Instalasi sukses. Tampilan akhir ciamik (dalam capture sudah ditambah dengan mendeley) πŸ˜€

Tampilan Lire Office terbaru

Tampilan Lire Office terbaru

 

30
Mar
17

Menjadi Pembicara di Meetup 14 ID Big Data


Acara Jumat 24 Maret 2017 kemarin, ikut serta menjadi pembicara untuk Meetup ke 14 ID Big Data, bertempat di kampus Udayana Jimbaran Bali.

Poster

Poster

 

Meetup ID Big Data 24 Maret 2017

Meetup ID Big Data 24 Maret 2017

 

Untuk video dapat diakses di sini (video dari pembicara lain juga tersedia) :

Dalam kesempatan ini, selain sambil ramah tamah, juga dibagikan beberapa buku saya dan juga souvenir dari pihak ID Big Data. Jika tidak ada halangan, ke depannya akan diadakan conference mengenai Big Data di Bali. πŸ™‚

23
Jan
17

Materi Praktek Mandiri Manajemen Jaringan Dan Server


Terlampir softcopy materi Manajemen Jaringan dan Server yang pernah saya ampu, mungkin ada yang memerlukan. Untuk referensi bisa melihat di buku ketiga saya berjudul Handbook Jaringan Komputer (penerbit Informatika, tahun terbit 2014, tersedia di toko – toko buku seluruh Indonesia).

Manajemen Jaringan dan Server










GNU Linux

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 82 pengikut lainnya

Arsip

Info Anda

Statistik Blog

  • 206,887 kunjungan