Drawing Tool : DIA Diagram


Postingan ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya di sini.

Malam – malam gini lagi menikmati belajar (sekaligus tugas) untuk UML di bagian Activity Diagram. Di Linux, distro apapun juga, bisa menggunakan DIA Diagram. Dan aplikasi ini sangat powerfull. Bukan hanya untuk membuat desain gambar dari UML, namun desain jaringan dan sebagainya juga bisa. Silahkan dicoba.

Berikut langkah – langkahnya, studi kasus membuat Activity Diagram untuk Login :
1.) Pastikan anda sudah menginstall DIA Diagram + sudah mengerti mengenai UML + sudah mebuat desain kasarnya (di otak atau di secarik kertas).
2.) Buka DIA Diagram di Aplikasi –> Grafik –> Editor Diagram DIA. Agar lebih mudah, silahkan buat shorcut di panel atas atau desktop.
3.) Pilih opsi UML (pilih opsi lain sesuai keperluan anda).
4.) Gunakan menu – menu yang ada, sesuaikan dengan gambar yang akan dibuat. Perhatikan capture di bawah ini (oleh anak panah hitam) untuk keterangannya.

Keterangan

Keterangan


5.) Jika sudah selesai, simpanlah sebagai file *.dia. Sewaktu – waktu anda bisa mengeditnya kembali🙂
6.) Pilih File –> Export, dan DIA Diagram akan menyimpan desain anda dalam format gambar jpeg. Gambar ini bisa digunakan untuk presentasi, pelengkap di SKPL/Software Requirement, dll.

Selesai🙂

Ini hasil akhirnya😀

Diagram activity login

Diagram activity login

Simpel dan mudah kan?😀

Tidak perlu ngotot menggunakan aplikasi berbayar closed source jika FOSS memberikan solusi yang lebih baik dengan keterbukaan kode.
Bukan berarti selalu gratis, tapi 2 hal yang penting : keterbukaan kode di dalamnya dan tidak perlu membeli lisensi untuk suatu perangkat lunak.

Salam.

*btw masih melanjutkan membuat diagram lainnya nih hehe😀

NB : Pada activity diagram, pointer start disediakan default. Untuk mengubahnya menjadi finish, cukup klik kanan –> properties, ubah ke finish.

6 thoughts on “Drawing Tool : DIA Diagram

    • Lah, di linux, distro apapun, tinggal menuju ke repositorynya aja😀

      Atau menuju ke webnya dia diagram aja, sesuaikan untuk 32/64 bit atau untuk windows.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s