25
Mar
11

Generate UML Dari Code Java Menggunakan Netbeans di Linux


Dalam Rekayasa Perangkat Lunak berbasis Object Oriented, keberadaan UML (Unified Modelling Language) adalah suatu hal yang mutlak, minimal berupa Use Case dan Class Diagram. Ibaratnya, buatlah desain dulu (secara formal) sebelum mengimplementasikannya dalam bahasa pemrograman. Bagaimana sebaliknya, jika desain ada secara kasar di dalam otak kita dan kita langsung coding? πŸ˜€ Tidak masalah, UML masih bisa digenerate dengan teknik reverse engineering. Gunakan IDE Netbeans πŸ™‚

Netbeans + plugin UML adalah generate tool, yaitu alat untuk menggenerate UML dari code yang telah kita buat sebelumnya. Untuk drawing tool, bisa menggunakan DIA Diagram ataupun Umbrello. Postingan nanti akan membahas sedikit mengenai DIA Diagram πŸ™‚


Berikut adalah langkah – langkah untuk membuat UML (studi kasus pada Class Diagram) menggunakan IDE Netbeans 6.5 di Linux (gw makek Linux Ubuntu 9.04, tidak masalah menggunakan Ubuntu versi berapa maupun Linux distro apapun, yang penting Java dan Netbeans ada disana πŸ˜€ ) :
1. Pastikan Linux yang ente pakek sudah terinstall Netbeans. Jika belum install dari repository distro Linux yang ente pakek atau install manual dari paket netbeans.

2. Install plugin UML Netbeans melalui Tool –> Plugins –> Available Plugins. Centangi bagian UML. Klik Next. Pastikan ada koneksi internet πŸ™‚

Install Plugin

Install Plugin

3. Jika sudah, kini saatnya mengklik project java ente, misalkan di sini gw punya project java 3 buah : logistik (server), logistik client (client), dan logistik api (penghubung client server dan DB).

4. Ambil salah satu, misalkan saja logistik client πŸ˜€

5. Klik kanan Logistik Client, pilih Reverse Engineer. Beri nama misal Logistik Client Model. Next dan Finish aja.

Reverse Engineer

Reverse Engineer

6. Jika sudah akan terbentuk folder LOgistik Client Model di Netbeans. Klik bagian Model, ambil salah satu package (pada kasus ane ada 4 buah package, sesuaikan denganh project Java ente) misalkan LogisticClient. Klik kanan, pilih Create Diagram Form selected Elements. Pilih Class Diagram atau diagram yang diinginkan.

7. Selesai πŸ™‚

8. Klo mau diekspor sebagai gambar tinggal klik menu Ekspor image πŸ˜€

Class Diagram Logistik Client

Class Diagram Logistik Client

Class Diagram Logistik

Class Diagram Logistik

Gampang kan? πŸ˜€
Masih meragukan kemampuan Linux dan FOSS? Masih ngotot menggunakan aplikasi komersil closed source ataupun bajakan? πŸ˜€

Sumber :
http://wiki.netbeans.org/NetbeansUML

Iklan

9 Responses to “Generate UML Dari Code Java Menggunakan Netbeans di Linux”


  1. 1 Ruli
    Maret 25, 2011 pukul 10:38 am

    Masih. ^_^.. pisss…

  2. Juni 6, 2011 pukul 11:58 pm

    masih bngung jg,, kok kyak database.. πŸ™‚

  3. 5 syahril
    November 3, 2011 pukul 10:53 am

    gan kug kgk jelas yach mana yang rus di centang???
    trus pas mo klik kanan ntu, klik kanan di bagian mana na ya???
    tolong di perjelas ya!!!!

  4. Juni 17, 2012 pukul 3:25 pm

    bli…. cara export image nya gmana?
    menu yang mana siih?
    pliis


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s








GNU Linux

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 82 pengikut lainnya

Arsip

Info Anda

Statistik Blog

  • 206,000 kunjungan

%d blogger menyukai ini: