Efek Ketupat atau Tikar?Hehe


Well, ngeblog lagi untuk mendokumentasikan wallpaper yang baru saja gw buat makek GIMP di Ubuntu (cuman itu doank OS yang gw punya di laptop). Ada teman, developer linux Biasawae, yang masang pengumuman di sini. Mumpung gi puyeng coding, pembuatan makalah (paper), ama baca ebook untuk tugas, ada baiknya bantuin sobat gw bentar. Kali aja bermanfaat😀

Langkah – langkahnya sbb :
1.) Pastikan menggunakan Linux, terserah mau makek distro apa aja : Ubuntu, IGOS Nusantara, fedora, Blankon, Mint, Slackware, Gentoo, dll😀
2.) Pastikan GIMP udah terinstall. Klo belum ya install dunk😀 Biasanya sih ada secara default😀
3.) Sediakan gambar – gambar untuk objek. Dalam hal ini, berhubung temanya daun muda, gw makek gambar daun ama pinguin (gnu linux).
Ini gambarnya :

Daun muda

Daun muda

GNU Linux

GNU Linux

4.) Kembali ke GIMP. Klik File –> New (atau control N), buat ukuran 1440 x 900 pixels. Biasanya sih ukuran wallpaper segini euy😀 Klo mau lain boleh😀
5.) Klo udah, lalu buat warna latar. Gw milih warna hitam. Dalam imajinasi gw, perpaduan warna hijau, hitam, dan putih kekna cocok deh😀 Klik menu rectangle (pojok kiri atas di panel tool), jangan lupa untuk warna pilih hitam.
6.) Klo udah tinggal klik kanan canvas –> Edit –> Fill wih FG color.
7.) Kini ambil kedua gambar tadi, si daun ama si pinguin😀
Dengan cara File –> Open.
8.) Ubah ukuran gambar jika dirasa perlu, dalam hal ini gw kecilin kedua gambar tersebut sekitar 30 % dari aslinya. Cukup klik menu Image –> Scale Image pada gambar bersangkutan. Ga usah disave😀
9.) Klo gambarnya udah mengecil, segera klik kanan gambar –> Edit –> Copy, lalu beralih ke kanvas, klik kanan –> Edit –> Paste. Lu atur – atur deh lokasinya sesuai selera😀
10.) Klo kedua gambar udah selesai dimasukin ke canvas, kini tinggal dikasi tulisan. Ini akan membentu layer baru juga🙂
11.) Cukup klik menu A di panel tool. Pilih font type, font size, font color sesuai selera🙂
12.) Untuk tulisan bisa lebih dari satu layer sesuai selera. Dalam hal ini gw makek 2 layer : tulisan daun muda dan tulisan Linux Biasawae V3.0
13.) Selesai deh, masih standar yah😀
14.) saran gw, simpan dulu sebagai file XCF, sewaktu waktu bisa diedit lagi di GIMP.
15.) Kini bermanin effect🙂
16.) Pertama, kita coba isi efek lampu dulu yuk😀 Pilih Filer –> Light and Shadow –> Lighting Effect. Di sini atur sendiri deh sesuai selera lokasi cahaya, warna cahaya, dll😀
17.) Kayaknya masih kurang. Yuk dioprek lagi😀
18.) Pilih menu Filter –> Artistic –> Waves. Untuk nilai (parameter) script Fu berikan sesuai selera, hasilnya beda – beda lho😀
19.) Klo udah, biarkan GIMP bekerja.
20.) Selesai.

Hasilnya kayak ini :

Hasil

Hasil

Untuk file keseluruhan, bisa unduh di sini. Silahkan edit file GIMP disana sesuai selera🙂

NB :
Sejauh yang gw ketahui dan gw coba di Linux, untuk pengolahan gambar dan video, multak diperlukan VGA minimal 128 MB, upayakan yang dedicated misalkan NVIDIA atau ATI, klo Onboard ane kurang yakin hasilnya😀

Masih banyak fitur lainnya di GIMP, silahkan dicoba. Yakin deh, jauh lebih bagus ketimbang Photoshop. Selain open source, juga powerfull. Ngapain masih makek bajakan?😀

5 thoughts on “Efek Ketupat atau Tikar?Hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s