Bermain Java (J2SE) di Linux Ubuntu Menggunakan IDE Eclipse


Sebelumnya, ane membuat artikel ini murni untuk dokumentasi jika suatu saat lupa dan juga untuk berbagi pengetahuan kepada rekan – rekan lain yang memerlukan.

Belajar pemrograman sebenarnya mengasyikkan, apalagi jika bahasa pemrograman tersebut bisa digunakan dan dipelajari di sistem operasi apapun dan aplikasi (IDE) apapun. Berikut akan ane coba kemukakan cara belajar Java J2SE (versi desktop dan komputer rumahan) di sistem operasi Linux, distro Ubuntu, menggunakan Eclipse. Semua aplikasi, kode, dan sistem operasi yang digunakan ini bersifat open source dan gratis. Ente bisa mencoba juga di distro linux lainnya dengan menyesuaikan beberapa settingan, misal pada saat instalasi aplikasi Eclipse dan Java. Kode Java ini diambil dari buku Dasar Pemrograman Java oleh Abdul kadir. Atau buka Google dan ketikkan manual Java disana, ada banyak tutorial dan contoh kode yang bisa didownload dan dipelajari secara gratis🙂

Pertama, installah Java, dalam hal ini JSDK. Untuk Ubuntu, cukup buka Synaptic di Sistem –> Administrasi –> Manager Paket Synaptic.

Synaptic

Synaptic

Masukkan password root jika diminta, kemudian ketiklah Java. Klik untuk menandai kemudian install. Setelah proses selesai, lakukan hal yang sama untuk Eclipse. Bisa juga menggunakan aplikasi lain, misal Netbeans, Geany, dll. Sama saja, ente cukup mengetikkan nama aplikasi tersebut di Synaptic, centangi, dan install. Sediakan koneksi internet atau gunakan repository lokal di DVD atau harddisk.

Install Java

Install Java

Install Eclipse

Install Eclipse

Asumsi Eclipse sudah terinstall. Kini buka Eclipse di Aplikasi –> Pemrograman –> Eclipse. Kemudian tentukan area kerja (workspace) di File –> Switch Workspace, misal ane di : /home/putu-shinoda/Desktop/Materi Kuliah S2 Informatika ITB Teknologi Informasi/pemrograman dan aplikasi internet web/kuliah_web_programming/koding

Biarkan Eclipse restart, kemudian setelah muncul kembali, buka File –> New Project. Isikan misal dengan nama BelajarJava. Kemudian klik kanan project BelajarJava tersebut, pilih New –> Class.
Buatlah sebuah kelas baru dengan nama BelajarJava, next, finish.

Isikan di dalamnya dengan kode sebagai berikut :

/*
Program sederhana menampilkan kalimat di Java
*/

class BelajarJava {
public static void main(String[] args) {
System.out.println(“Lagi Belajar Java di Linux Ubuntu”); // menampilkan string
}
}

Setelah selesai, klik kanan, pilih run, pilih run as java application. Maka akan tampil hasil sebagai berikut :

Hasil program Java 1

Hasil program Java 1

Sudah selesai?
Kayaknya belum deh gan😀
Tadi tuh kan baru belajar buat spanduk😀
Nah sekarang buat komputer kita seakan – akan berbicara dengan diri kita, minimal menanyakan nama kita kemudian membalas perkenalan tersebut.

Seperti biasa, masih di project BelajarJava, klik kanan project, lalu buat kelas bernama BacaInput. isikan dengan kode di bawah ini :

/*
Rutin kelas untuk membaca inputan dari keyboard
Hasil berupa String
Jika membuat program dengan input dari keyboard, panggil kelas ini
*/

import java.io.*;

public class BacaInput {
public static String Baca() {
int karakter;
String str =””;
Boolean selesai = false;

while (!selesai) {
try {
karakter = System.in.read();
if (karakter < 0 || (char) karakter == '\n')
selesai = true;
else if ((char) karakter != '\r')
str = str +(char) karakter;
}
catch (java.io.IOException e) {
System.err.println("Maaf boz terjadi kesalahan. Hiks…hiks…");
selesai = true;
}
}
return str;
}
}

Klo udah ingat save😀

Lalu buatlah kelas utamanya bernama Kenalan😀
Isikan dengan kode di bawah ini :

/*
Program sederhana untuk berkenalan dengan komputer
Memanfaatkan kelas BacaInput

*/
public class Kenalan {
public static void main(String [] args) {
System.out.print(“Maaf boz, saya pembokat baru di sini. Boleh tahu nama anda siapa? “);

String nama = BacaInput.Baca();
System.out.print(“Salam hormat boz ” + nama + “.” + ” ” + “Saya di sini siap melayani anda ^_^ “);
}

}

Jalankan program utamanya (Kenalan.java), maka akan muncul sperti di bawah ini. Ente cukup memasukkan (ketik) nama ente, tekan enter, dan si komputer tolol akan membalasnya dengan ramah😆

Menjalankan program Kenalan

Menjalankan program Kenalan

Input nama

Input nama

Balasan dari komputer

Balasan dari komputer

Mudah – mudahan artikel singkat nan cupu ini bisa bermanfaat buat rekan -rekan sekalian. Ada banyak artikel serupa yang lebih detail, termasuk juga untuk konsep Object Oriented Programming dan pembelajaran bahasa Java, baik J2SE, J2ME, J2EE.

Menggunakan Linux dan FOSS (Free and Open Source Software) begitu mengasyikkan, bermanfaat, dan tidak dosa kan?😀

Jadi tidak usah memakai aplikasi dan sistem operasi bajakan jika ingin belajar komputer dan IT, Linux dan FOSS sudah memberikan solusinya untuk kita🙂

Salam.

7 thoughts on “Bermain Java (J2SE) di Linux Ubuntu Menggunakan IDE Eclipse

  1. enakan mana bang pake netbean ato Eclipse menurut anda… ane pake netbean ntu uda enak buat form2 n koneksi data base’na jg enak… n pengennya se program java mw aku masukkan di mikro bwt pengganti C tpi blum berhasil ntu,, jarng tutorialnya mohon klo menemukan bang putu hehehehe

    • Keduanya ane pakke buat belajar java di os linux, saat ini di ubuntu, ada lagi, namanya geany, cobalah, itu udah mendukung banyak bahasa pemrograman, antara lain php, c/c++, phyton, html, java, pascal, dll.

      iya, netbeans bs spt itu, untuk saat ini aku msh makekk eclipse, entah kenapa lebih nyaman aja, tp kadang aku pakek juga netbeans dan genay, malah pernha coding di eclipse tp compile dan jalankan di geany 9ada di salah satu artikelku).

      intinya balik ke diri sendiri, lebih nyaman makek IDE yg mana, dan seberapa jauh fitur2 di dlmnya membantu kerja kita dlm hal coding😀

      CMIIW.

      • ane buat skripsi juga pake geany dan full ngerjain di linux ubuntu lucid.. … tapi geany ga bisa munculkan library javanya secara automatis.. jadi seperti ketik di notepad aja…
        geany hanya memunculkan automatis nama objek yang sudah kita buat aja.. udah nyari2 untuk meunculin library automatis geany ga dapat-dapat.. kalo ada share ya gan.. terima kasih…

  2. itu pakai linux apa lengkap banget. enak yah kalau ada inet kenceng terus pakai linux. saya di gunung yah mati kalau pakai linux. tapi artikelnya mantab. post terus yah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s