27
Jun
08

INSTALASI SERVER XAMPP DI LINUX



Pemanfaatan OS Linux sebagai server ga harus makek server Apache doank kok, apalagi klo phpmyadmin+apacvhe+mysql diinstall atu2. Klo udah bisa sih gpp, bagus malah πŸ˜€
Tp gimana ama newbie yang pengen belajar bikin server di Linux, tapi blom tau cara install ketiga komponen di atas?

Hm,g usah khawatir πŸ˜€ Ada cara instan untuk mempermudah proses belajar server. Cobalah XAMPP πŸ˜€

XAMPP di Linux sama kek XAMPP di Windows. Cukup jalanin XAMPP dan ketiga komponen akan jalan (server, database, phpmyadmin).

OK, qta mulai ajah tutorialnya :

Pertama, install Linux dulu. Asumsi Linux udah terinstall, lalu copy XAMPP for Linux di Desktop user kamu. XAMPP bisa diambil di situsnya, googling ajah. Nah, kini buka konsole. Asumsi gw ada di user bytescode :
[bytescode@my-machine]$su
password : (isi password disini)

[bytescode@my-machine]# –>udah status root

Lalu pindah ke Desktop home si Bytescode (sesuaikan ama home dari user Linux lu yah)
[bytescode@my-machine]#cd /home/bytescode/Desktop

Liat isi Desktopnyah
[bytescode@my-machine-Desktop]# ls -a

Nah, kini install XAMPP. Cukup pakek 1 command ajah kok :
[bytescode@my-machine-Desktop]# tar -xzvf xampp(versi_ama_type_file_yaitu_tar_gz) -C /opt

Dijamin paket tar gz-nya XAMPP bakal diesktrak oleh system ke direktori /opt dan otomatis mmbentuk folder lampp disana.

Nah, berikut silahkan gunakan command-command di bawah ini untuk menjalankan XAMPP :
/opt/lampp/lampp start –> memulai XAMPP
/opt/lampp/lampp stop –> mengakhiri XAMPP
/opt/lampp/lampp restart –> menjalankan ulang (restart) XAMPP

untuk file webnya, letakkan di /opt/lampp/htdocs. Gunakan permission chmod 777 jika diminta.

OK, semoga membantu πŸ˜€

Sori, gw msh newbie…

Iklan

3 Responses to “INSTALASI SERVER XAMPP DI LINUX”


  1. Juni 1, 2009 pukul 5:41 am

    XAMPP populer banget yah πŸ˜• Klo dipikir2, fiturnya nanggung. Coba bandingkan dengan apache2triad, super komplit banget bro (apache, php, MySQL, postgre sql, perl, ftp, mail server, asp), kurang apa coba? Tapi sayangnya cuman buat windows πŸ˜› (ngomong panjang2 ujung2nya nggak bisa dipake di linux πŸ˜› ). Udah gitu, nggak dikembangkan lagi. Dari tahun lalu mpe sekarang mentok versi 1.5.4. Tapi emang aq akuin, XAMPP paling favorit dari semuanya. Numpang promosi aja deh, AIO serverQ pake UsbWebserver download di UsbWebserver.com, portable kok.

    • 2 bytescode
      Juni 14, 2009 pukul 7:25 am

      Yup benar. Xampp, baik di Windows maupun Linux, bahkan sistem operais lain, memang lebih terkenal karena kemudahan dlm hal instalasi dan penggunaannya.

      yah, secara sekuriti memang xampp lebih “rendah” dibandingkan paket LAMP yg kudu diinstall satu per satu.

      Klo kata dosen keamanan sistem gw boz “keamanan berbading terbalik dgn kenyamanan” πŸ˜€

    • 3 bytescode
      Juni 14, 2009 pukul 7:27 am

      Yup benar. Xampp, baik di Windows maupun Linux, bahkan sistem operais lain, memang lebih terkenal karena kemudahan dlm hal instalasi dan penggunaannya.

      yah, secara sekuriti memang xampp lebih “rendah” dibandingkan paket LAMP yg kudu diinstall satu per satu.

      Klo kata dosen keamanan sistem gw boz “keamanan berbanding terbalik dgn kenyamanan” πŸ˜€


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s








GNU Linux

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 82 pengikut lainnya

Arsip

Info Anda

Statistik Blog

  • 200,807 kunjungan

%d blogger menyukai ini: