SEKILAS TENTANG MYSQL DI LINUX



Artikel ini gw bikin sekedar untuk sharing info yang gw ketahui saja ke teman-teman yang pengen tau tentang MySQL di Linux, Phpmyadmin, dan bagaimana cara mengaturnya. Klo ada yang udah tau dan ada kesalahan pada penjelasan gw ini, tolong pm gw di bytescode@telkom.net dan gw akan sangat berterimakasih atas perbaikan dari rekan-rekan yang peduli dengan sharing informasi di dunia maya ini. Next,bagi yang belum tau dan pengen tau tentang MySQl, silahkan baca baik-baik.

Artikel ini menggunakan sampel server Apache (httpd), database MySQL, dan interface phpmyadmin, yang diinstal secara terpisah (dalam hal ini gw memakai distro Fedora 7, dan tentunya untuk semua turunan Red Hat dan Fedora bisa mengikuti cara ini. Untuk pengguna distro lain, caranya hampir sama kok).Oleh karena itu, server ini nginstalnya tidak otomatis seperti halnya server XAMPP yang cukup kompile paket dan semuanya akan terinstall. Meski demikian, menurut gw, tidak ada yang amat buruk diantara kedua server ini. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya.

Ok, setelah membuat repositori di Fedora,install semua paket PHP dan MySQL.Selengkapnya baca saja artikel yang udah gw bikin sebelumnya di http://www.go-aliya.com. Setelah server diaktifkan, di root web (dalam hal ini di Fedora 7 terletak di /var/www/html),letakkan file phpmyadmin (file ini bisa loe cari di internet ato pm gw agar bisa gw attach di imel loe.).Kemudian, aktifkan MySQL dengan cara /etc/init.d/mysql start lalu jalankan di browser http://localhost/phpmyadmin

Jika muncul interface phpmyadmin, berarti loe udah sukses tahap pertama.Kini kita bikin privilege (hak akses) untuk setiap user.Buka privilege atau hak akses yang ada di bagian kiri, lalu hilangkan (hapus) user yang tidak punya password, kecuali root.Lalu berikan password pada user root dengan cara mengeditnya pada menu edit. Klo udah,seharusnya kek gambar di bawah ini
pic 1

Kemudian setelah user root mempunyai password, maka begitu loe mengakses phpmyadmin,akan otomatis dimintai password. Setelah itu editlah file config-default.php pada phpmyadmin. Untuk blowfish secret berikan nilai 89 atau angka lainnya. Kemudian pada auth_type ganti ke cookie, dan untuk password ketikkan password root loe. Simpan dan refresh sistem.
pic 2

Jika kemudian loe mengalami musibah yaitu ga bisa mengakses phpmyadmin dikarenakan password yang bermasalah, jangan panik. Ada cara untuk meresetnya. Berikut lamgkah-langkahnya :
1. ketik di konsole (login sebagai root dulu) /etc/init.d/mysqld stop
2. untuk memastikan apakah sudah mati ato belum, bisa menggunakan perintah ps ax | grep mysql
misal MySQl berjalan pada pid 3565 ,maka ketik perintah kill -9 3565
3. lalu ketik /usr/bin/mysqld_safe -skip-grant-tables
4. kemudian ketiklah /usr/bin/mysql mysql
5. ketiklah UPDATE user SET PASSWORD (‘isi_password_loe_disini’) WHERE Host=’localhost’ AND User=’root’;
6. lalu ketik /etc/init.d/mysql start
7. lanjutkan dengan mysql -u root -p
8. Masukkan password dan silahkan menggunakan MySQL loe.Untuk keluar ketik quit
9. Kini pindah ke browser.harusnya loe bisa mengakses phpmyadmin dan sistem akan meminta password untuk login.

Untuk meletakkan file website loe, letakkan di /var/www/html, dan buat folder untuk menaruhnya. Sehingga loe ntar bisa mengakses dengan alamat http://localhost_atau_IP/nama_folder dan databasenya terletak di /var/lib/mysql. Ingat,ganti settingan website loe dengan username dan password sesuai dengan settingan di MySQL loe. Untuk interfacenya,gunakan phpmyadmin.

login sukses

OK, itu doank yang bisa gw beritahu di artikel ini dikarenakan keterbatasan pengetahuan gw. Thx atas perhatiannya. Jika ada kesalahan mohon dimaafkan. Jika ada penyampaian gw di artikel yang salah mohon dikonfirmasikan ke gw via imel agar bisa gw perbaiki. Thx juga buat bapak Supriyanto atas info reset password Linux.
Oya,gw membuat artikel ini berdasarkan praktek di Fedora 7. Bisa juga dicoba di turunan Red Hat atau Fedora lainnya, misalkan IGOS Nusantara, BlankOn lama (basis Fedora 5), dan sebagainya. Untuk distro lainnya,kekna sama aja deh,mungkin bedanya pada lokasi root webnya (misal pada SUSE di /srv).OK, met mencoba. Sukses!

Regard

Bytescode aka putu shinoda aka 101010

Sumber :
mbah Google http://www.google.co.id
Info linux 2007 tentang reset passowrd MySQL
forumnya Fedora Indonesia http://www.id.fedora.org

About me?
Gw cuman mahasiswa tingkat akhir yang gi menyelesaikan kuliah, terutama TA sialan.Mudah-mudahan dapat terselesaikan segera.Amin.Hobi gw jalan-jalan, baca buku,main internet,ngoprek Linux ama BSD,denger musik,ama tidur.More about me?Add ajah gw di bytescode@telkom.net ato kunjungi FS gw di http://www.friendster.com/putushinoda dan blog gw di https://bytescode.wordpress.com yah

3 thoughts on “SEKILAS TENTANG MYSQL DI LINUX

  1. Bukannya gini yah: UPDATE user SET password=password(‘’isi_password_loe_disini’) WHERE host=’localhost’ AND user=’root’. Lebih bagus lagi ketikkan perintah FLUSH PRIVILEGES buat refresh account yang ada. Ternyata qta sama2 MABA (MAhasiswa BAsi) yah… :)) . TAq juga lum kelar2 neh. Mo ngerjain, malah kena godaan duit😛 .

Tinggalkan Balasan

