3346 : Simpel Tapi Pas


BNI Blogging Competition 70 Tahun BNI
#70TahunBNI

Tema Penulisan : Pengalaman Bersama BNI.

Tema Tulisan : Kali Pertama Memilih BNI Dalam Berbank.

Simpel tapi pas. Ya, judul di atas tidak mengada – ada, apalagi jika dikaitkan dengan lomba ini. Kebetulan saja saya memperoleh informasi lomba ini melalui E-Mail dari pihak BNI, ditambah kebetulan juga saya memiliki pengalaman berkesan terhadap layanan dari BNI dan pengalaman pertama saya menjadi nasabah BNI. Kebetulan yang terakhir, saya juga suka menulis, baik di blog, web, hingga buku.🙂

Kembali ke judul, 3346 : Simpel Tapi Pas. Judul ini saya maksudkan untuk salah satu layanan SMS Banking yang diberikan oleh BNI kepada nasabahnya melalui 4 nomor digit, yaitu 3346. Setiap ada uang yang masuk ke rekening BNI saya, pasti akan diberi tahukan oleh pihak BNI melalui pesan SMS yang disampaikan dari nomor 3346 tersebut. Informasi yang disajikan oleh pihak BNI melalui pesan SMS dari nomor 3346 tersebut, terdiri dari rincian :

  1. Waktu transaksi (tanggal, bulan, tahun, jam, menit, detik).

  2. Jumlah dana (uang) yang masuk ke rekening.

  3. Total saldo di rekening saat ini (setelah ditambah dengan uang atau dana yang masuk).

  4. Informasi, keterangan, atau berita singkat, terkait dengan uang atau dana yang masuk tersebut. Misalkan gaji bulan ini atau transfer dari (pihak yang mentransferkan). Bahkan juga setor tunai, jika saya menyetorkan uang tunai ke rekening BNI saya. Untuk diketahui, saya tidak bisa dan tidak biasa membawa uang tunai dalam jumlah banyak, sehingga lebih suka menaruh di rekening dan menarik atau mengambil seperlunya saja (misal lewat ATM).

Layanan SMS Banking yang (menurut pemahaman saya) memanfaatkan konsep dan teknologi SMS Gateway ini, memang sangat sederhana dan simpel sekali untuk sebuah teknologi di masa ini. Tapi menurut saya pribadi, layanan ini sangat mengena dan pas. Mengapa saya sebut pas? Karena sesuai dengan kebutuhan para nasabah pada umumnya (termasuk juga saya), terlepas apapun profesi nasabah bersangkutan. Mereka menjadi tahu adanya dana (uang) yang masuk ke rekening mereka dan jumlah saldo rekening mereka saat ini.

Saya tahu (kecuali pada saat sebelum menjadi nasabah BNI) bahwa semua bank sudah menyediakan layanan ini kepada semua nasabahnya. Namun mengapa justru BNI yang saya bahas di dalam artikel ini? Hal ini tak lepas dari pengalaman pertama kalinya saya berkenalan dengan BNI untuk menjadi salah satu nasabahnya, yang otomatis juga menjadi pengalaman pertama saya tahu adanya layanan SMS Banking ini dan manfaatnya. Jika dipikir – pikir, saya katrok juga saat itu yah. Hehehe.

Baiklah, saya mulai menceritakan pengalaman pertama saya memilih BNI dalam ber-bank. Semua itu bermula dari akhir tahun 2010 atau awal tahun 2011 (saya lupa tepatnya), saat saya kembali ke Bandung untuk melanjutkan S2 Informatika (kelompok keahlian Teknologi Informasi) di Institut Teknologi Bandung (ITB). Saat itu, semua calon mahasiswa S2 yang telah lulus ujian masuk dan diterima menjadi mahasiswa S2 di ITB, wajib mengurus administrasi dan juga keuangan (pembayaran atau pelunasan biaya awal).

Oleh karena proses pembayaran biaya kuliah dan administrasi ditujukan ke rekening pihak ITb yang menggunakan Bank BNI, maka saya memutuskan untuk membuka saja rekening baru di BNI. Lokasinya saat itu adalah di BNI Cabang Perguruan Tinggi Bandung ITB (daerah Tamansari). Untuk diketahui, pada saat itu saya sudah menjadi nasabah dari bank lainnya, namun bersifat pasif. Dalam artian saya tidak terlalu tahu adanya layanan SMS Banking dan lainnya ini, bahkan tidak berminat untuk tahu info lebih lanjut ataupun diberitahukan oleh pihak bank bersangkutan. Hal itu terjadi dari sejak awal saya masuk S1 hingga tamat S1 dan mulai masuk ke dunia kerja (sebelum kemudian berhenti kerja dan lanjut S2).

Saya menyukai layanan yang diberikan oleh pihak BNI sejak pertama kali saya mengenal BNI dan masuk ke ruangan bank tersebut saat itu. Proses registrasi berjalan tertib dan lancar, diikuti dengan para pegawai yang ramah. Pegawai yang melayani saya saat itu, menawarkan ke saya layanan SMS Banking ini. Oleh karena biaya yang dibebankan hanyalah biaya SMS sesuai tarif operator (sebagaimana yang disampaikan oleh pegawai bersangkutan saat itu), maka saya mengiyakan dan menyetujui untuk menggunakan layanan SMS Banking dari BNI ini. Pada saat itu juga untuk pertama kalinya saya sadar, saya rupanya perlu menggunakan layanan ini. Saya perlu tahu informasi keuangan saya, minimal jika ada uang masuk ke rekening BNI saya, secara cepat dan mudah.

Pendaftaran untuk layanan SMS Banking berjalan lancar ke nomor HP saya. Seingat saya, saat itu juga sudah langsung aktif. Saya memilih nominal Rp 50.000,00. Maksudnya adalah, pihak BNI (melalui SMS dari nomor 3346) akan memberitahukan saya mengenai adanya transaksi berupa uang masuk ke rekening, apabila nominal uang tersebut minimal sebesar Rp 50.000,00. Tentu saja, pulsa saya haruslah cukup, minimal untuk biaya SMS tersebut (sesuai tarif setiap operator).

Sejak saat itulah, setiap ada transaksi uang masuk ke rekening BNI saya, pasti akan ada SMS dari nomor 3346. Untuk diketahui, saya melanjutkan pendidikan S2 bukanlah dengan beasiswa dari pihak manapun, melainkan dengan uang tabungan saya selama bekerja (waktu itu masih saya simpan di rekening bank lainnya). Selama menjalankan pendidikan S2, saya mencari nafkah untuk biaya sehari – hari dan biaya untuk kuliah, dengan berbagai cara. Mulai dari mengerjakan proyek kecil – kecilan hingga berjualan secara online di internet. Semua uang tersebut masuk ke rekening BNI saya.

Dari layanan ini juga, saya belajar untuk memanajemen keuangan saya, yaitu uang untuk kebutuhan sehari – hari saya (makan, minum, transportasi, buku, hiburan, lain – lain) dan uang yang saya sisihkan tiap bulan untuk membayar uang kuliah S2 tiap awal semester (per enam bulan). Untuk diketahui, saat masih S2 hingga lulus di tahun 2013, saya belum berumah tangga. Sehingga otomatis belum ada tanggungan saya terhadap biaya rumah tangga (misalkan untuk anak istri).

Layanan BNI ini sangat membantu saya untuk memantau keuangan saya. Hingga saat ini, ketika saya sudah lulus S2, bekerja, dan sambil mempersiapkan penelitian S3, layanan ini tetap saya gunakan, untuk mengetahui uang yang masuk, baik dari gaji bulanan saya maupun proyek – proyek di luaran.

Mudah – mudahan juga pengalaman saya ini bisa menginspirasi teman – teman lainnya untuk ikut menjadi nasabah BNI serta menggunakan juga layanan ini. Selain itu, saya juga membagikan empat hal yang menjadi kunci sukses (setidaknya saya meyakini hal ini dan telah membuktikannya), yaitu : bekerja keras, bekerja cerdas, berdoa, dan cermat dalam menggunakan atau memanajemen uang.

Sebenarnya layanan SMS Banking dari BNI (nomor 3346 tersebut) beragam, begitu pula dengan layanan – layanan lainnya yang diberikan oleh pihak BNI kepada para nasabahnya (yang juga saya gunakan). Namun tentu akan panjang sekali jika saya uraikan semuanya. Cukup poin utamanya saja, disertai dengan harapan adanya semangat (spirit) ataupun inspirasi bagi pembaca. Akhir kata, terima kasih BNI. Saya senang dan bangga menjadi nasabah BNI sampai kapanpun.🙂

21 thoughts on “3346 : Simpel Tapi Pas

  1. Artikel nya bermanfaat, Pak Dosen. Heheheh
    Ane juga pakai sms banking dan ternyata bermanfaat buat ngecek transferan,
    Semoga dengan adanya artikel ini bisa jadi inspirasi buat masyarakat supaya kalau mau transaksi gak meluku ke atm hehehehe.

  2. Artikel nya bermanfaat, Pak Dosen. Heheheh
    Ane juga pakai sms banking dan ternyata bermanfaat buat ngecek transferan,
    Semoga dengan adanya artikel ini bisa jadi inspirasi buat masyarakat supaya kalau mau transaksi gak meluku ke atm hehehehe.

    • benar albert, sangat bermanfaat🙂
      amin, smg secercah artikel saya ini juga bs memberi inspirasi bagi para pembaca.🙂
      terima kasih albert🙂

  3. Pake sms bankingnya BNI mudah. Apalagi kalo lagi kepepet di jalan. Terutama bisa saya pake buat beli pulsa nih kalo lg cepet2. Fiturnya banyak bgt. Lengkap. Bangga pke BNI

  4. Satu hal yang saya suka dengan SMS banking BNI yaitu kita dengan mudah melakukan trasfer ke bank lain hanya dengan mengirim SMS dengan format tertentu secara real time; Berbeda dengan bank lain yang harus ke ATM jika transferan ke bank lain (kalau ingin transferannya masuk secara real time)

  5. Menarik. Sebenarnya saya belum pernah menjadi nasabah bank ini dan memang berniat untuk mendaftarkan diri karna sebelumnya ribet kalo mau transfer dan cek saldo mesti cari mesin ATM. Setelah tau BNI kasih pelayanan kaya gini jadi makin pengen daftar. Memang SIMPLE tapi PAS!

  6. BNI memang mantap, Promosinya tidak hanya di eksternal, tpi juga di dunia maya. Salah satunya adalah promosi melalui Blog sperti yang diikuti oleh admin blog ini. Sehingga BNI akan menjadi semakin terkenal tidak hanya di dunia nyata tapi juga dunia maya.

    • terima kasih kunjungannnya bung sunia. ayo bung promosikan juga diri bung ke cewek2, siapa tau ada yg nyantol😀

  7. Saya punya BNI, karena kelihatan keren dulu buka rekening di BNI cabang UGM, bukan sekadar cabang kecamatan seperti bank rakyat kita. Akhirnya sampai sekarang saya hanya pakai BNI, dan semua kegiatan termasuk online transaction juga memanfaatkan fasilitas BNI 46.

    Kemarin saya juga mau ikut lomba ini setelah dapat kiriman email dari BNI, eh tapi takut kena pentung ke lima orang yang saya email untuk syarat lomba :p

    • benar, jadi kita sama2 merasakan manfaat yg diberikan oleh BNI😀
      hehe, mereka yg saya cc ga bawa pentung kok😀

  8. Saya juga menggunakan BNI pak, sms Banking BNI memang sesuai judul tulisan ini simple dan pas, semua informasi transaksi dan saldo juga tertera d sms banking.. berapa dana masuk dan keluar juga di infokan…jd ga perlu repot repot pergi ke atm untuk ngecek saldo.. mudah mudahan artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s