IEEE Students Branch Telkom University Dan Udayana


Tgl 7-8 November 2015 kemarin, dapat kesempatan ikut di dalam acara “2015 Internet Of Things Seminar and Tutorial : Smart Green Technology for Developing Smart City” yang merupakan pertemuan antara IEEE Student Branch Telkom University dengan IEEE Students Branch Universitas Udayana di Quest Hotel, Tuban, kuta, Bali. Acaranya yg bagus untuk mempertemukan kedua institusi pendidikan ini (dosen, peneliti, mahasiswa) di dalam membahas mengenai Smart City, Internet Of Things (IOT), Green Technology (Green Computing), serta beberapa buah teknologi pendukung lainnya (Intelligent Transportation System, Machine to Machine, Device To Device, IOT Security, Wireless Sensor Network, dll).

 

Dilibatkan juga beberapa tamu dari KUMMON National University (Korea Selatan), Toyota Indonesia, Telkom, Telkomsel, Pemkot Denpasar, Pemrov Bali, dan lain – lain. Sehingga diharapkan makin banyak sharing informasi dan sharing knowledge dari banyak pihak. Meskipun hampir semua hal tersebut sudah saya sampaikan di dalam ketujuh buku saya (biobses.com/penulis-201-i_putu_agus_eka_pratama.html), namun sebagaimana yang kita pahami bersama, ilmu itu sangat luas sementara manusia itu terbatas. Itu sebabnya, kita “boleh memandang tinggi ke langit, tapi kaki tetap menginjak tanah” atau “teruslah belajar dan menggapai cita2 setinggi mungkin, namun tetaplah untuk rendah hati dan berbagi ilmu (sharing) ke siapapun”.

 

Secara garis besarnya dari pertemuan selama 2 hari tersebut, dirumuskan hal2 berikut ini :
1. Paparan dari Prof Soo Yung Shin (KUMMON University Korea Selatan) mengenai Smart City, IOT, dan teknologi 2 lainnya, serta contoh implementasinya di korea selatan. Namun karena bidang beliau bukan di Network Security, maka materi Smart City Security dan IOT Security dilewatkan. Terbuka juga kesempatan bagi siapapun yg ingin ikut di dalam penelitian mengenai Smart City dan IOT.
2. Paparan dari Bapak Lingga Wardhana mengenai teknologi 5G di dalam perannya untuk implementasi IOT.
2. Paparan dari Bapak Indra Chandra Setiawan (Toyota Motor Manufacturing Indonesia) mengenai Intelligent Transportation System (ITS), yg merupakan bagian dari Smart City untuk bidang transportasi (Smart Transportation). Salah satu yg menarik adalah Toyota Smart Parking dan Toyota Smart Car serta beberapa inovasi lainnya untuk mengurangi kecelakaan di jalan raya dan meningkatkan kualitas transportasi publik.
3. Paparan dari Bapak Satriyo Darmadhi dan Bapak Ary Murti (Telkom University/IEEE) mengenai IOT, Wireless Sensor Network (WSN), serta keamanan, regulasi, dan hubungannya dengan Big Data.
4. Paparan dari Bapak Ketut Lawa (Pemrov Bali) ttg Smart City di Kota Denpasar. Di antaranya yang telah dilakukan adalah menghubungkan antar SKPD melalui jaringan komputer (Internet, MAN, WMAN), penyediaan sistem informasi dan layanan online untuk publik, dll. Ke depannya, bukan hanya untuk Kota Denpasar saja (dan kota /daerah lainnya di Bali), tapi untuk keseluruhan Pulau Bali sebagai satu kesatuan. Konsepnya bukan lagi Smart City, tapi Smart Island.

 

Beberapa buah ide lainnya adalah pemanfaatan Wireless Sensor Network (WSN) untuk beberapa hal di Bali. Misalkan mengukur kondisi udara (layak/sehatkah untuk masyarakat?), tingkat pencemaran pada sungai dan laut, membantu bidang pertanian, keamanan, dll. Terima kasih untuk ide2 yg disampaikan tsb bagi Bali. Smg bs diwujudkan di Bali dan di daerah2 lainnya di Indonesia.

 

Mensinergikan antara akademisi, pemerintahan, swasta, dan masyarakat itu sendiri, akan sangat membantu di dalam mewujudkan apa yg dicita – citakan bersama. Misalkan dalam hal ini adalah Smart City di Indonesia ataupun Smart Island di Bali.

 

Untuk materi (slide) dari para pemateri, akan saya letakkan di ftp://ftp.itb.ac.id/pub/ISO-IMAGES/linux/ieeeiot2015bali untuk dapat diunduh bebas.😉

 

Terakhir, foto narsis sendiri dan narsis bersama. Saya upload dulu yg ini. Tolong abaikan jika tidak berkenan. -_-

IEEE Students Brach Telkom Universty dan Udayana University

IEEE Students Brach Telkom Universty dan Udayana University

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s