Pencitraan Oleh Satelit Himawari Jepang Terhadap Bumi


Mengawali hari pertama di tahun baru 2015 Masehi dengan online seperti biasa, selepas masak bersama istri dan bersih2 rumah, mumpung di kulkas banyak stok dan mumpung hari libur. Tidak ada pengaruhnya apakah tahun baru ataupun tidak, bumi tetap berputar pada porosnya dan mengelilingi matahari, yg menjadikan adanya 24 jam/hari dan 365 hari/tahun (biasa)- 366 hari/tahun (kabisat). Yang utama adalah, apa resolusi kita semua (tujuan, harapan, cita2) di tahun yg baru? Baik tahun Masehi untuk umum, tahun Caka (bagi saya yg Hindu saat Nyepi), dan tahun baru lainnya (Islam, Tiongkok, dll).

Bumi sudah makin tua, sangat tua, dengan berbagai kerusakan yg terjadi sbg akibat buruk dari teknologi. Teknologi berperan besar di dalam kerusakan ini, tp juga kita sbg pengguna dari teknologi tersebut, apabila tidak bisa menggunakannya secara bijak dgn memperhatikan kelestarian alam dan kelangsungan hidup semua makhluk hidup di bumi ini.

Di bawah ini adalah foto pencitraan dari satelit Himawari milik Jepang, yg menampilkan foto terkini bumi dari luar. Tidak saya unggah (upload) ke FB karena akan langsung diresize otomatis oleh sistem pada FB, sehingga jadi kecil. Jadi unduh saja dari link (URL) yg saya sertakan di bawah ini, untuk dapat melihat detailnya dalam resolusi gambar yg lebih tinggi.

Apa yg akan anda lihat?
Cerah? Suram? Menakutkan? Saya merasakan sekali klo (misal) ada di ketinggian spt itu serta gambar pencitraan bumi itu sudah menunjukkan bagaimana sewaktu – waktu air (lautan) tsb bs menenggelamkan semuanya, apalagi dgn isu perubahan iklim, pencairan di kutub akibat Global Warming, dan isu lainnya terkait lingkungan.

Sebagian besar bumi ini terdiri atas air (2/3 bagian). Kalau Tuhan berkehendak, mungkin akibat ulah kita yang sudah semakin jauh dariNya, dalam sekejap semua itu akan disapu habis oleh air tersebut. Konon jutaan atau ribuan tahun yg lalu, bumi ini pernah mengalami banjir besar. Hanya beberapa yang tersisa hidup.

Demikian juga saat kita menggunakan jasa transportasi udara. Di dalam pesawat Garuda (maskapai yg sering saya tumpangi), memang semua fasilitas nyaman sekali (makan, minum, koran, video/film/game gratis). Bahkan yg belum biasa naik pesawat dan duduk di bagian kanan atau kiri, akan senang sekali melihat awan2 dari dekat atau melihat ke bawah. Saya justru selalu berdoa di setiap penerbangan (termasuk juga di transportasi darat dan laut/air), agar semua penumpang (termasuk saya) selamat sampai di tujuan. Maut selalu ada di mana2 dan Tuhan punya kuasa atas semua itu. Untuk semua tragedi yg pernah terjadi di tahun lalu, mari kita doakan agar para korban diberi ampunan olehNya dan diterima di sisiNya, keluarga yg ditinggalkan diberi ketabahan, dan mudah2an tragedi2 tsb tidak terulang lagi.

[certain-death@my-small-machine ~]$ wget http://www.jma-net.go.jp/sat/data/web89/parts89/himawari8_first_image/trc/trc_m.jpg
–2015-01-01 13:01:56– http://www.jma-net.go.jp/sat/data/web89/parts89/himawari8_first_image/trc/trc_m.jpg
Resolving http://www.jma-net.go.jp (www.jma-net.go.jp)… 117.18.232.133
Menghubungi http://www.jma-net.go.jp (www.jma-net.go.jp)|117.18.232.133|:80… terhubung.
Permintaan HTTP dikirimkan, menunggu balasan… 200 OK
Besar: 1933434 (1,8M) [image/jpeg]
Simpan ke: `trc_m.jpg’

100%[===================================================================================>] 1.933.434 108K/s dalam 41s

2015-01-01 13:02:37 (45,9 KB/s) – `trc_m.jpg’ disimpan [1933434/1933434]

[certain-death@my-small-machine ~]$

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s