Hari Tani Nasional, Petani Adalah Pahlawan Bangsa


Postingan ini memang sangat telat saya masukkan ke dalam blog pibadi, namun saya copy saja langsung dari status yang saya posting di akun Facebook saya.

 

Apapun itu, petani adalah pahlawan bangsa. Mereka layak dihargai,

salah satunya dalam bentuk materi.

===

 

 

Mohon maaf saya lupa, baru saja membaca di internet. Rupanya hari ini (24 September) adalah Hari Tani Nasional. Hari untuk menghormati para petani di seluruh Indonesia. Berkat merekalah, kita masih bisa menikmati segala jenis makanan dan minuman yang berasal dari hasil panen kita. Meski kita perlu sadari juga, bahwa (mungkin) bangsa ini sudah terlalu kaya raya, sehingga banyak sekali produk pertanian import dari negara lain.

Keluarga saya (dari pihak ayah) adalah kaum petani turun – temurun. Sehingga sejak kecil pun, saya diajarkan mengenal kehidupan di sawah, walau hanya sekedar diajak ke sawah hari minggu pagi. Bahkan untuk hal – hal terkecil pun, ayah mengajarkan saya dan adik untuk bisa menghargai setiap butir nasi yang disajikan di piring kita, entah yg dimasak sendiri maupun yg dibeli. Di balik semua hidangan tersebut, terdapat kerja keras para petani. Berbaur dengan keceriaan dan kebahagian mereka, dan juga ironi negeri ini terhadap nasib kaum petani dan nasib bidang pertanian. Jadi, salah satu bentuk menghargainya adalah : ambillah makanan secukupnya (misal nasi), jangan disisakan, apalagi dibuang percuma, meski anda punya banyak uang sekalipun.

Kita boleh mempelajari segala teknologi dan peradaban maju lainnya, namun tetaplah ingat, jati diri kita (salah satunya) adalah bangsa agraris (pertanian).

Selamat Hari Tani Nasional. Para petani adalah pahlawan bangsa. Semoga berjaya di negeri sendiri, semoga nasib mereka makin baik dan sejahtera, serta ikut mewujudkan Indonesia swasembada (mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri tanpa perlu import, sukur2 bisa eksport).

Tinggalkan Balasan

