Tugas Bagi Mahasiswa Dan Pilihan Hidup


Saya mau tidur, ketika ada e-mail masuk dari mahasiswa dan mahasiswi yg menanyakan : pak apakah perlu tugas dikerjakan?
Saya senyum2 saja untuk pertanyaan yg seharusnya tidak perlu ditanyakan.

Tentu saja, itu hak anda untuk mengerjakan tugas yg saya berikan atau tidak. Anda mengerjakan, maka anda dapat nilai dan dapat ilmu. Klo anda tidak mengerjakan, saya berterima kasih juga karena beban saya sedikit berkurang untuk memeriksa dan memberi nilai. Masih banyak hal lain yg saya kerjakan di luar kampus.

Tapi yg perlu anda ingat, anda perlu menentukan pilihan hidup, sebagaimana saya juga terhadap diri saya pribadi : sukses di bisnis, sukses di akademis, atau sukses keduanya. Terbaiknya adalah sukses keduanya (bisnis dan akademis). Terburuknya adalah gagal keduanya. Ketika harus memilih salah satu, maka bijaklah di dalam memilih salah satu pilihan tersebut. Dunia sudah memberikan banyak contoh untuk mereka yg sukses dan gagal pada satu atau kedua pilihan tsb. Dunia akademis pun sudah punya yg namanya Edupreneurship (pembelajaran untuk menjadi wirausaha) dan dunia bisnis pun sejak lama menyedot tenaga kerja dari para alumni (akademisi).

terakhir, mbok ya kalo dikasi kesempatan lebih untuk bisa menuntut elmu, ya jgn disia – siakan. Masih banyak saudara2 kita yg jangankan untuk bisa sekolah dan kuliah, untuk bisa makan hari ini saja sudah sukur.

Saya tidur dulu, sudah dipanggil -panggil ama istri.

#matiinlinuxdilaptop

Tinggalkan Balasan

