Perkuliahan Green Computing


Malam2, seperti biasa saya ada kerja tambahan untuk biaya hidup anak istri. Tentu saja, sambil ditemani secangkir kopi. Biasanya saya dibikinin kopi item ama istri, ini tumben dibuatin kopi susu. Gagapa deh, tetap nikmat.๐Ÿ˜‰

Tiba2 disms, diminta mengisi mata kuliah Green Computing untuk semester ini. Saya OK saja sambil meminta SAP (Satuan Acara Perkuliahan) atau Course Plan. E-mail saya buka untuk sisipan filenya.๐Ÿ˜‰

Wah, pantesan.๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

Ternyata di bagian daftar pustaka, buku pertama saya (Smart City dan Cloud Computing) didaulat menjadi salah satu referensi untuk mahasiswa yg mengambil mata kuliah ini. Di samping 2 buku lainnya, yg penulisnya lebih expert dari saya tentunya hehe.

Terima kasih yah sudah menghargai hasil karya saya yg masih jauh dari kata sempurna ini. Saya juga tetap masih belajar. Lebih tepatnya, tetap belajar dan tetap berbagi ilmu. Keep sharing, keep learning.๐Ÿ˜‰

Hehe.๐Ÿ˜€

Buku referensi

Buku referensi

Update :

Ada yg bertanya ke saya ttg buku saya ini dan juga profesi dosen๐Ÿ˜€

saya jawab saja yah๐Ÿ™‚

Begitulah, klo hanya mengandalkan kerja jadi dosen saja, sulit bs berkembang di Indonesia. Kudu diaplikasikan ilmu2nya di luar, baik proyek, riset, bikin buku, dll hehe.

Klo dulu saya semangat untuk membahagiakan kedua ortu saya, kini semangat itu nambah lagi dgn adanya istri dan anak saya, apalagi abis cium2 perut istri saya. Mulai nendang2 yg di dalam sana hehe.

Cuman yah kesibukan di luar membuat saya belakangan ini jd jarang ketemu dosen saya untuk riset s3 maupun diundang acara2 lainnya. Misalkan acara OSS se ASEAN dari LIPI, kmrn baru ingat pas dihubungi ama kang Nana Suryana, babenya Ibnu Yahya dan anak2 developer Linux IGN. Tapi tetap kontak, misal dengan teman2, masih bisa via YM maupun chat di FB ini, di sela2 kerja.

Wah buku saya belum seberapa itu. Saya masih perlu banyak belajar.
Klo mau tau ada Pak Rinaldi Munir, dosen saya di ITB, lebih dulu jadi penulis buku dan buku2 beliau banyak dipakek di kampus2 Indonesia. Saya waktu S1 dulu bela2in nyisihin uang saku buat beli buku beliau, masih ada tuh di rumah di Bali hehe. Apa yah judulnya? Algoritma atau Metode NUmerik, lupa saya.

Ini jg sempat2in nulis buku di sela2 kerja, sekalian belajar, sekalian berbagi ilmu. Duit tinggal mengikuti saja. Hehehe. Srkng sudah ada total 6 naskah buku : 2 sudah dicetak, 2 lagi antre dicetak, 2 sudah selesai disusun.

Tinggalkan Balasan

