Catatan EII Juni 2104 ITB


Sedang mengikuti seminar EII (E- Indonesia Initiative) di ITB ttg Smart City di bidang pemerintahan (E-Government) dan juga transportasi (Intelligent Transport System). Silahkan saja bagi yg berminat, hari ini sampai jam 16 WIB, gratis dan terbuka untuk umum (termasuk Coffee Break, makan siang, souvenir, dan tentu yg paling penting dapat ilmu dan kenalan).

Ridwan Kamil, Walikota Bandung, menjadi salah satu pembicara di dalam EII 2014 ITB

Ridwan Kamil, Walikota Bandung, menjadi salah satu pembicara di dalam EII 2014 ITB


Ada banyak hal dibahas dan didemokan di sini. Mulai dari aplikasi layar sentuh untuk transportasi pintar (Smart City di bidang transportasi, atau Intelligent Transport System), kemudian sharing2 dgn sejumlah pemda, salah satunya dari Aceh nun jauh di barat sana, yg datang ke kota Bandung sini, berbagi informasi mengenai Smart City yg diterapkan di sana.

Bapak Ridwan Kamil juga tentu saja datang ke acara ini sebagai tuan rumah, beserta dengan sejumlah profesor, dosen, dan mhs dari ITB sendiri (dan juga para hadirin dari masyarakat umum).

Terdapat satu sesi diskusi panel untuk umum, yang bertujuan agar 500-an kota seluruh Indonesia dapat menjadi kota digital, tentunya dengan masyarakat digital yg cerdas dan beradab (dapat memanfaatkan IT untuk tujuan baik). Pembangunan di Indonesia harus merata, bukan hanya terpusat di Jawa atau sejumlah kota saja.

Ada satu pertanyaan yg menggelitik saya saat moderator menanyakan : “Kira – kira, apa impian kita untuk Indonesia di tahun 2045, 100 tahun kemerdekaan republik ini?”

Pertanyaan yg mengingatkan saya, bahwa negara adi daya (?) seperti Amerika Serikat pun juga memerlukan waktu hampir 100 tahun lebih untuk bisa seperti sekarang. Inggris raya dari sebuah kerajaan kecil memerlukan 100 tahun untuk dapat menjadi penguasa (hampir) seluruh daratan dan lautan di dunia di masa kolonialisme dulu. Jepang memerlukan hampir 100 tahun sejak Restorasi Meiji terjadi, dll. Tapi mungkin seperti Singapura, Malaysia, dan Korea selatan, hanya memerlukan waktu singkat untuk bisa seperti sekarang😀

Saya jadi ikut membayangkan, apa jadinya Indonesia 100 tahun nanti? Dan apa yg kita semua bisa berikan ke republik ini?

Ah, sekalian juga pada acara ini saya membawakan beberapa buah buku Smart City karya saya untuk dijual kepada pengunjung. Sukses.😀 Banyak yg beli sekaligus minta tanda tangan saya.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s