Akhirnya…..


Akhirnya kelar juga kuliah S2 Informatika di ITb dengan hasil memuaskan😀

nilai gw

nilai gw

Sorry, sekali2 numpang pamer, meski ip ga gede #hammer
Hasil belajar 2 taon di itebeh bersama si pinguin (yg dokumen waktu S1 kapan2 ane post, semua file di pc di rumah di Denpasar wkwkwkwk, makek linux juga).

Menurut ane, linux dan open source justru sangat membantu dalam proses belajar dan mengajar, baik di sekolah maupun kampus. Sisanya yah kerja keras (rajin belajar, belajar kelompok, brtanya/diskusi, sharing) dan berdoa kepada Tuhan YME. Berikut pengalaman ane (beberapa tulisan ane share di http://www.slideshare.net/PutuShinoda) :
RPL Lanjut (Rekayasa Perangkat Lunak) : Dia Diagram, Umbrello, Netbeans, Geany, Eclipse.
Keamanan Sistem : Linux + all open source pentest tools.
Analisa dan Perancangan Proses Bisnis : Aris Express (https://bytescode.wordpress.com/2012/02/06/install-aris-express-di-linux/)
Manajemen Proyek : Planner
Organisasi Komputer : GAS/GNU ASsembler (untuk Assembly), Geany (untuk C)
Kecerdasan Buatan/Artificial Intelligence : SWI prolog (untuk prolog/logic programming), Geany/Netbeans/Eclipse (Java)
Web programming : standar java, php, mysql (Netbeans, PHPMyAdmin, Geany, dll)
Lainnya, terutama tugas paper/jurnal, memakai Libre Office (kadang di kelas Pak Budi Rahardjo makek Latex), presentasi jg dgn Libre Office.

Jadi, bukan hanya menyuruh anak didik (mhs/i) memakai Linux dan open source untuk tugas2 yg ane berikan ke mereka saat mengajar, namun juga ane terapkan ke diri sendiri (untuk bisa memberi contoh dan memimpin orang lain, berilah contoh dan pimpinlah diri sendiri dulu). Buat agan2 siswa/i, mhs/i, dan pengajar (guru, dosen) ada baiknya coba gunakan dlm kegiatan belajar mengajar. Yah semuanya kembali ke keputusan diri sendiri, hanya sebuah saran.🙂

Salam linux dan open source. Keep sharing, keep learning.

Poto2 bentar ke Jonas buat persiapan daftar wisuda hehe

Gue

Gue

Tinggalkan Balasan

