Seminar “Linux for Education, Professional, and Entrepreneurship” FSL Comlabs ITB


FSL Comlabs ITB 22/12/2012

FSL Comlabs ITB 22/12/2012


Pada hari Sabtu, tanggal 22 Desember 2012, bertempat di gedung Comlabs Institut Teknologi Bandung (ITB), FSL (Free Saturday Lesson, http://fsl.comlabs.itb.ac.id/) mengadakan seminar gratis dengan judul Linux for Education, Professional, and Entrepreneurship. Seminar ini terbuka untuk umum dan dihadiri oleh mayoritas mahasiswa dari berbagai kampus di kota Bandung dan ITB sendiri. Pada acara ini terdapat 3 pembicara, yaitu penulis sendiri, Andy Hidayat (konsultan IT Linux dan Free BSD, dari Rumah Ilmu Indonesia), dan Nana Suryana (main developer Linux Igos Nusantara, dari LIPI Bandung).

Seminar yang berlangsung dari jam 9 pagi hingga jam 12 ini dibuka dengan materi dari penulis tentang pengenalan apa itu Linux, open source, serta Linux dan Open Source di dunia pendidkan, dunia kerja, dan dunia usaha (enterpreneur). Kemudian sesi selanjutnya oleh Nana Suryana yang membawakan materi mengenai distro Linux Igos Nusantara beserta aplikasi – aplikasi pendidikan yang terdapat di dalamnya. Sesi terakhir oleh Andy Hidayat yang berbagi pengalamannya selama menjadi konsultan IT Linux dan Free BSD serta tips triks di dunia kerja dengan menggunakan Linux dan Open Source.

Setelah sesi seminar yang berlangsung lancar untuk ketiga pembicara, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi, sharing, dan tanya jawab dengan para hadirin. Para hadirin, yang sebagin besar adalah mahasiswa S1 dan S2, sangat antusias di dalam bertanya kepada ketiga pembicara. Ini membuktikan antusias mereka terhadap pemanfaatan Linux di dunia pendidikan begitu besar. Misalkan mahasiswa dari teknik pertambangan yang menanyakan aplikasi di Linux untuk pertambangan, atau mahasiswa kelautan yang menanyakan aplikasi serupa di Linux. Pertanyaan lainnya adalah aplikasi open source apa saja (selain distro Linux) yang dibuat oleh anak bangsa. Penulis pun (sebagai salah satu pembicara yang diajukan pertanyaan) turut membantu menjawab bagian ini dengan memberi tahukan mengenai Sisfokol (sistem informasi open source untuk sekolah, http://slims.web.id/web/), Senayan/SLIMS (sistem informasi open source untuk perpustakaan, http://slims.web.id/web/), Ahad POS (aplikasi open source untuk kasir/Point Of Sale, http://ahadpos.wordpress.com/), BIOS Baliwae (Billing Open Source, aplikasi open source untuk billing warnet, http://code.google.com/p/bios/), dan lainnya. Termasuk juga tawaran untuk ikut serta mengembangkan, atau memberikan donasi, atau ikut serta membuatkan dokumentasi dan bantuan lainnya, sehingga proyek open source ini tetap berjalan baik. Untuk para penanya, selain memperoleh jawaban atas pertanyaan mereka, juga diberikan kenang – kenangan berupa DVD Linux (salah satunya DVD Linux IGOS Nusantara) beserta stiker Linux di dalamnya. Snack dan minuman juga disediakan untuk semua hadirin di ruangan selama acara berlangsung.

Acara diakhiri pukul 13.00 WIB dengan foto – foto bersama antara para pembicara dan semua hadirin serta penyerahan sertifikat dan cindera mata dari panitia kepada para pembicara.

Foto - foto bareng abis acara.

Foto – foto bareng abis acara.

Diharapkan ke depannya acara serupa bisa diadakan lagi, apalagi dengan disertai workshop (praktek), sehingga tidak teori saja. Hal ini disetujui oleh panitia mengingat pada acara ini saja, pendaftar membludak sehingga banyak yang masuk ke waiting list, karena keterbatasan kursi di ruangan (sekitar 250 kursi). Seminar ini dirasa sangat bermanfaat untuk makin mengenalkan Linux dan Open Source, terutama di dunia pendidikan, dunia kerja, dan dunia usaha. Untuk slide dari penulis bisa diambil bebas di http://www.slideshare.net/PutuShinoda/presentasi-linux-fsl-itb-putu

Spanduk acara

Foto selengkapnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s