Presentasi Mudah Dengan Linux dan Proyektor


Iseng menambahkan artikel di blog pribadi, mungkin bermanfaat untuk yang memerlukan. Kebetulan ane punya sebuah notebook Toshiba M300 dengan single OS Ubuntu 11.04 32 bit gnome di dalamnya dan sebuah netbook Samsung NC108 dengan single OS Open Suse 12.1 32 bit KDE di dalamnya.

Untuk urusan presentasi, tidak ada masalah saat memakai proyektor apapun. Misal di kampus memakai salah satunya proyektor Toshiba. Cukup colokkan kabel proyektor ke port VGA netbook/notebook dan langsung ditampilkan di layar.

Jika gagal, cobalah untuk menekan tombol Gn dan F5 (Toshiba) atau Fn dan F4 (Samsung) atau Fn dengan tombol yang sesuai dengan netbook/notebook masing – masing (lihat lambang di setiap tuts keyboard).

Jika gagal lagi? Cobalah (dalam keadaan proyektor masih terpasang di netbook/notebook), restart linux ente. Harusnya dia akan tampil saat hidup lagi (studi kasus saat memakai 9.04 dulu).

Jika gagal lagi?
Bisa jadi ada ketidak adanya dukungan terhadap proyektor atau linux yang dipakai atau keduanya (kemungkinan ini kecil untuk tahun 2012 ini), atau bisa jadi kurang doa😀

8 thoughts on “Presentasi Mudah Dengan Linux dan Proyektor

  1. [Ask] Ane pake Netbuk EeePC 1015PEM Os Sabily 11.04… Nyambung ke LCD Proyektor Epson wxga res max 1024×768, tapi pas disambungin cuma dapet resolusi 800×600, ane pengennya sesuai resolusi netbuk 1024×600,,,, Mohon pencerahannya..

      • Hm kurang tahu juga yah.
        Coba post di grup linux, di FB banyak, search aja, misal ayo belajar linux.

        setahu ane sih biasanya resolusi tetap mengikuti resolusi di monitor kita, kecuali memang dari proyektornya yg cuman bs mentok di resolusi tertentu saja.

    • Haiiyahhh…
      Mank shorcut/hot key kagak ada? biasanya tombol FN dengan kombinasi tombol di atas (klo di toshiba FN dan F5). Lihat aja simbolnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s