Repository Lokal Open Suse 12.1 ke Kambing UI


Lagi punya anak baru, namanya netbook samsung nc108, dengan single os open suse 12.1 kde 32 bit di dalamnya (waktu beli kosongan). Semula pengen beli yang tablet samsung,kebetulan duit di lapak lagi cukup buat beli, cuman kepikiran lagi, lebih produktif netbook deh ketimbang tablet😀 Udahlah, ntar aja belinya klo tiba – tiba kepengen lagi😀

Awal install open suse 12.1 tidak ada halangan, kebetulan memakai dvd driver external USB LG.Via USB flashdisk juga bisa kok. KDE berjalan lancar di mesin dgn intel atom 570 ini.

Open suse 12.1

Open suse 12.1



Secara default open suse mengikuti aturan yang tidak menyertakan codec dan prorpietary lainnya. Sulit bagi pemula untuk memperoleh kemudahan,misal langsung muter lagu dan video.

Ane instalin aplikasi via YAST. Baru nyadarklo server repository masih standar di luar negeri,ya udah ubah aja ke server lokal, yaitu ane pilih server kambing UI.

Berbekal googling dan ketemu hasilnya di blog juragan Cid Tux, ane segera melakukan perubahan di software management di bagian repsoitory. Cukup buka YAST di start menu, pilih bagian setting repository. Edit dan hilangkan centang di semua server repository yang ada, kemudian tambahkann 2 alamat server repository dari Kambing UI, untuk OSS dan non OSS :
http://kambing.ui.ac.id/opensuse/distribution/openSUSE-current/repo/non-oss/
http://kambing.ui.ac.id/opensuse/distribution/openSUSE-current/repo/oss/
Untuk penamaan servernya terserah ente.Ane kasi nama kambing-oss dan kambing-non-oss

Klo udah tinggal next saja, open suse akan memperbaruialamat reposiory.

Dan ini hasilnya, cepat kan?😀
Mumpung jaringan ITB terhubung inherent dengan UI dan node – node lainnya di seluruh Indonesia.

Install Geany di Open suse 12.1 via server kambing ui

Install Geany di Open suse 12.1 via server kambing ui

10 thoughts on “Repository Lokal Open Suse 12.1 ke Kambing UI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s