Fedora Electronic Lab Untuk Pembelajaran Elektro


Artikel yang sudah saya posting di Kompas Online dan Ilmu Komputer (http://ilmukomputer.org/2011/11/05/fedora-electronic-lab-untuk-pembelajaran-elektro/) dan saya copas kembali di blog pribadi saya ini.

Sebelumnya mohon maaf jika info ini sudah usang (out of date). Mungkin bermanfaat bagi yang belum tahu dan memerlukannya.

Fedora sebagai salah satu distribusi GNU/Linux menyediakan Fedora Electronic Lab. Sesuai namanya, distro ini dikhususkan untuk siswa/mahasiswa/siapapun yang berminat atau berkecimpung di dunia elektronika. Didasari bahwa sistem operasi MS Windows memiliki lisensi mahal dan mengikat (serta untuk menurunkan tingkat pembajakan dan penggunaan bajakannya), termasuk juga harga lisensi perangkat lunak untuk kegiatan elektronika ini yang terbilang mahal dan juga mengikat, maka keberadaan distro ini menjadi solusi murah namun tetap produktif untuk digunakan.

Fedora Electronic Lab merupakan EDA (Electronic Design Automation) berbasis distribusi (distro) Linux Fedora Spin yang dibangun bersama – sama oleh komunitas dan penyedia layanan EDA berbasis open source. Keberadaan distro ini menjadi jembatan penghubung antara komunitas open source baik di sisi hardware maupun software. Spin sendiri merupakan versi alternatif untuk Fedora dengan penambahan aplikasi, kostumisasi, sesuai dengan keinginan user. Dalam Fedora Electronic Lab ini, disediakan platform untuk kemudahan dalam melakukan desain perangkat keras (hardware) high end maupun simulasi.

Fedora Electronic Lab menyediakan kelebihan sebagai berikut :
1. Memudahkan untuk melakukan deploy baik dalam lingkungan development maupun production.
2. Anda tidak perlu melakukan patch terhadap kernel, gunakan saja langsung sesuai keperluan.
3. Karena berlisensi open source, anda tidak perlu membayar lisensi apapun atau kode aktivasi untuk mengaktifkan/menggunakan layanan yang ada. Hal mana yang sangat bermanfaat tanpa harus mengeluarkan uang sangat banyak ataupun mencari crack.

Jika anda berminat, silahkan unduh di sini :
http://spins.fedoraproject.org/fel/#downloads
Atau gunakan mirror lokal yang telah saya buatkan di server ITB untuk menghemat bandwith :
http://ftp.itb.ac.id/pub/ISO-IMAGES/linux/fedora_elektronic_lab/

Berikut beberapa capture yang saya ambil dari situsnya di http://spins.fedoraproject.org/fel/

fedora_elektronic_lab_ac_plot

fedora_elektronic_lab_ac_plot

fedora_elektronic_lab_xcircuit

fedora_elektronic_lab_xcircuit

fedora_elektronik_lab_flowchart

fedora_elektronik_lab_flowchart

fedora_elektronik_lab_ktechlab_layout

fedora_elektronik_lab_ktechlab_layout

fedora_elektronik_lab_pcb

fedora_elektronik_lab_pcb

fedora_elektronik_lab_planner

fedora_elektronik_lab_planner

fedora_elektronik_lab_uml

fedora_elektronik_lab_uml

Semoga bermanfaat.

Salam.

Sumber :
http://spins.fedoraproject.org/fel/

Tentang Penulis :

Nama lengkap I Putu Agus Eka Pratama. Kelahiran Gianyar 3 November 1985. Alumni S1 Informatika IT Telkom Bandung angkatan 2004. Bekerja sebagai pengajar di kampus Stikom Indonesia (STIKI) Denpasar untuk beberapa mata kuliah, antara lain : komputer dan masyarakat, sistem operasi, dan organisasi komputer. Saat ini penulis sedang cuti melanjutkan pendidikan di magister Informatika peminatan Teknologi Informasi STEI ITB.
Beberapa tulisan lainnya ada di https://bytescode.wordpress.com dan http://www.kompasiana.com/putu-shinoda

NB :
Artikel ini juga telah saya posting di Kompas Online untuk memudahkan penyebar luasan informasi yang kiranya bermanfaat untuk pembaca. http://teknologi.kompasiana.com/terapan/2011/11/05/fedora-electronic-lab-untuk-pembelajaran-elektro/
Linux versi komunitas (misalkan salah satunya Fedora Electronic Lab ini) bebas diunduh dan diperbanyak/kopi. Apabila terkendala dalam mengunduh via internet, anda legal untuk mengkopi dari teman yang punya. Bisa juga dengan memesan ke penjual, salah satunya ada di lapak saya ini : https://bytescode.wordpress.com/category/lapak-linux-dan-foss/

4 thoughts on “Fedora Electronic Lab Untuk Pembelajaran Elektro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s