Berbagi Koneksi Internet Wireless – Wired di GNU/Linux


Tulisan ini dibuat untuk membantu rekan yang bertanya bagaimana berbagi koneksi internet wireless – wired atau sebaliknya, atau juga sesama wireless. Caranya sangat mudah di GNU/Linux apapun juga. Yang utama, komputer yang akan sharing (berbagi) koneksi internet harus terkoneksi internet, baik jalur wired (melalui kabel) maupun wireless. Yang kedua dan tentu penting juga, komputer yang terkoneksi dengan internet wifinya sudah aktif, karena sinyalnya akan ditangkap oleh device lain yang ingin menggunakan koneksi internet yang disharing tersebut.

Tutorial ini bisa dicoba pada sebuah laptop dengan single os GNU/Linux Ubuntu 9.04 dan HP Nokia N81 8GB dengan koneksi internet speedy dari jaringan LAN (di laptop). Anda bisa menggunakan distro lainnya, cukup sesuaikan saja letak lokasi menunya.

Pertama, tentu saja, pastikan koneksi internet sudah berjalan baik di modem dan komputer yang akan berbagi. Dalam hal ini laptop terhubung menggunakan kabel lan ke switch yang dihubungkan ke modem speedy (sharing). Pastikan juga wifi di laptop sudah diaktifkan, sehingga sinyal untuk wireless nanti bisa ditangkap oleh device lainnya. Kemudian untuk Ubuntu gunakan menu network manager di pojok kanan atas (gnome). Sesuaikan dengan distro anda. Pilih opsi buat jaringan nirkabel baru.

Membuat koneksi wireless

Membuat koneksi wireless

Kemudian berikan nama koneksi tersebut, misalkan berbagi inet. Klik OK.

Memberikan nama koneksi internet berbagi

Memberikan nama koneksi internet berbagi

Sampai tahap ini sudah selesai. Pastikan wifi sudah aktif baik di device yang berbagi maupun yang menggunakan layanan ini. Misal dalam hal ini HP Nokia saya bisa menggunakan layanan internet dari laptop yang saya sharing.

Di HP dan device lainnya akan diberikan alamat otomatis dari DHCP.

2 thoughts on “Berbagi Koneksi Internet Wireless – Wired di GNU/Linux

  1. sebelum itu saya mau tnya internet saya mngunakan modem kabel lan yg sya tnyakan knpa ketika sya pke os linux kbel lan sya colok sya tidak bsa inet pdhal klo pke windows lncar jaya apa saja setting yg hrus dperlukan oleh sya di linux spaya bsa inet apa hrus install driver network mhon solusinya yg detail
    thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s