[GIMP] : Membuat Wallpaper Bali Hackschool Community


Hm, kemarin sempat iseng ikutan bantuin bikin wallpaper untuk logo group Bali Hackschool Community (BHC) di FB. Well, banyak juga yang milih logo buatan ane😀 Untuk groupnya bisa dilihat di sini.

Dokumentasi ini mudah – mudahan bisa membantu rekan – rekan yang ingin belajar desain grafis di Linux (distro apapun) menggunakan aplikasi GIMP. Dan silahkan dikembangkan lagi dengan ide dan kreasi kalian😀 GIMP memberikan banyak fitur powerfull yang belum banyak kita ketahui, ga kalah ama Photoshop dan aplikasi komersil lainnya😀

Buat bikin desain grafis bisa, buat bikin animasi GIF juga OK😀

Untuk kasus ini ane makek Ubuntu 9.04 dan aplikasi GIMP versi 2.6.6 (ampun gan, keduanya masih versi jadul hehe😆 ). Yup dimulai😀
1. ) Buka GIMP. Pilih File –> New –> buat ukuran misalkan 640 x 400 pixels. OK.
2. ) Berikan latar hitam dengan mengklik tool Rectangle (paling kiri), pilih warna hitam. Ini optional, silahkan pilih warna latar sesuai selera🙂
3.) Klik Text tool (lambang huruf A), pilih type font, font size, font color. Dalam desain ini ane membuat 4 layer untuk tulisan, yaitu (tanpa tanda petik dua) “Bali”, “Hackschool”, “Community”, dan “Open mind, open knowledge, with open source”.
4.) Sampai langkah ini sebenarnya sudah jadi. Tinggal dihias saja. Idenya, waktu itu ane cuman kepikiran background hitam dan font merah, standar dunia cyber selain hitam hijau😀 Setelah mikir – mikir, kayaknya perlu nyobain fiturnya GIMP di bagian Filters –> Light and Shadows –> Lighting Effect. Ya udah, tentukan sendiri lokasi pencahayaan lampu dan sebagainya sesuai selera😀

Hasil pertama

Hasil pertama


5.) Belum puas nih, kayaknya perlu diubek – ubek lagi😀 Ok deh, bagaimana klo lighting effect diberikan efek Waves?🙄
Kembali pilih Filters –> Distorts –> Waves. Atur sendiri sesuai selera😀
Lumayan, efek lampu sorotnya jadi kayak ketupat😆

Hasilnya seperti di bawah ini😀

Wallpaper Bali Hackschool Community

Wallpaper Bali Hackschool Community

Seperti yang ane beritahu di atas, ada (sangat) banyak efek dan fitur yang begitu powerfull di GIMP. jadi silahkan eksplore diri ente dalam berdesain grafis atau animasi GIF🙂

Contoh pada tulisan ini hanyalah sebuah contoh sederhana. Mudah – mudahan bermanfaat. Linux itu menyenangkan untuk semua kegiatan berkomputer🙂

Salam.

One thought on “[GIMP] : Membuat Wallpaper Bali Hackschool Community

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s