Teh Hijau, Sehat, Segar, Irit :D


Udah kebiasaan gw, dimanapun, kapanpun, klo lagi online, pasti menyediakan minuman. Biasanya sih air mineral botolan, wajib tuh😀 Kadang – kadang sih secangkir kopi panas atau teh panas, apalagi musim hujan kayak sekarang hehe😀

Tapi belakangan ini, gw lebih suka minum teh panas ketimbang kopi panas. Kopi baik juga kok buat kesehatan, asal jangan berlebihan juga, teh juga sama kok. Hanya saja, ada beberapa hal yang membuat teh lebih unggul ketimbang kopi, di mata gue😀

Ini dia kelebihan teh :
1.) Manfaatnya.
Teh, terutama teh hijau, manfaatnya banyak banget bagi kesehatan kita. ga percaya? Nih gw copy paste, sumbernya bisa dicek di sini :
a. ) Mencegah kanker
Mencegah risiko terjadinya penyakit kanker. Polyphenol yang terdapat dalam teh hijau merupakan antioksidan paling potensial. Di mana dia mencegah penyebaran dan pertumbuhan sel kanker dalam darah. Beberapa penelitian menemukan bahwa orang yang minum teh hijau secara berkala bisa mengurangi risiko kanker payudara, perut, usus, maupun kanker prostat.
b.) Perawatan kulit
Teh ini merupakan antiseptik alami untuk mengatasi gatal dan bengkak-bengkak. Taruh sejumput teh hijau pada kulit yang mengalami radang, terbakar sinar matahari, noda kehitaman maupun di kelopak mata, dan rasakan kesejukannya.
c.) Melindungi kulit
Melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari penyebab kanker kulit. Itulah sebabnya mengapa Anda melihat banyak produk-produk kecantikan seperti tabir surya atau pelembab yang terbuat dari teh hijau.
d.) Menstabilkan tekanan darah
50 persen orang yang mengkonsumsi teh hijau, jarang terkena tekanan darah tinggi dibanding mereka yang tidak pernah meminumnya. Ternyata polyphenols-lah yang berjasa sekali lagi. Mereka mampu menjaga pembuluh darah agar tidak mengecil dan peningkatan tekanan. Teh hijau juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah terjadinya stroke.
e.) Menjaga daya ingat
Teh hijau ternyata bisa menjaga penurunan fungsi otak. Mereka yang minum dua gelas sehari terhindar dari masalah kognitif dibanding mereka yang jarang meminumnya. Teh ini mengandung antioksidan tinggi yang bisa melawan radikal bebas yang menyerang otak, penyebab penyakit Alzheimer dan Parkinson.
f.) Awet Muda
Semakin sehat arteri, semakin terlihat muda dan sehat Anda yang mengkonsumsinya. Setidaknya 10 ons teh hijau yang dikonsumsi setiap hari, bisa mengabsorbsi arteri dari kelebihan lemak dan kolesterol.
g.) Menurunkan berat badan
Minum teh hijau bisa membantu proses pembakaran kalori sehingga dapat menurunkan berat badan.

2.) Cara meminum teh yang baik dan benar.
Yup, minum teh ga boleh ngasal. Ntar bukannya sehat malahan sakit hehe😀
Manfaat teh hijau untuk kesehatan bisa dibaca di sini. Ini gw copy paste aja yah :
a.) Minum teh dalam satu hari maksimal adalah kurang lebih 5 cangkir teh atau 5 gelas teh ukuran 200ml karena mengandung kafein (tehin) yang tidak boleh terlalu banyak dikonsumsi orang.
b.) Minum teh pada suhu yang sedang tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Minum teh pada suhu tinggi / panas dapat mengakibatkan kanker esofagus / kanker tenggorokan.
c.) Jangan merebus atau menyeduh teh dengan suhu lebih dari 80 derajat celsius agar zat-zat baik dalam teh tidak hilang.
d.) Ubah kebiasaan minum teh manis dengan gula karena dapat mengurangi zat-zat gizi yang baik dalam teh. Selain itu teh manis bisa menyebabkan kencing manis alias diabetes melitus jika terlalu banyak mengonsumsi gula.
e.) Hindari minum teh basi atau teh yang sudah lama (kecuali teh minuman dalam kemasan yang belum kedaluarsa) karena bisa membuat kita sakit.
f.) Jika perut sedang kosong (belum makan) maka jangan minum teh karena bisa meningkatkan produksi asam lambung.
g.) Minumlah teh di luar waktu makan karena jika kita minum saat makan atau sesudah makan dapat mengurangi gizi makanan kita karena diambil oleh zat stimulan teh.
h.) Ibu hamil jangan minum teh karena bisa menyebabkan kontraksi rahim akibat zat kafein dan stimulan pada minuman teh. Ibu menyusui bisa mengganggu produksi air susu ibu (ASI).
i.) Teh susu atau teh campur susu dipercaya dapat mengurangi zat stimulan pada teh. Sedangkan teh lemon (lemon tea) dapat membantu melindungi sistem pencernaan serta dapat mencegah kerang pada dinding usus.
j.) Hati-hati minum teh kemasan siap minum dalam botol, kotak, gelas dan lain-lain. Periksa kemasan dan isi jangan sampai isinya palsu karena bisa merusak kesehatan kita. Pelajari yang asli dengan cermat agar bisa mudah membedakan dengan membandingkan dengan yang palsu.

3.) Teh lebih murah ketimbang kopi😀
Bayangkan aja, sekotak teh celup, misal teh hijau, paling cuman 8 ribu, tp isinya banyak dan bisa ampe sebulan lebih tuh😀 Bandingkan klo beli kopi sachetan misalnya, lebih mahal, lebih cepat habis, dan tentunya, lebih banyak kesehatan yang diperoleh dari teh ketimbang kopi hehe. Tapi kadang – kadang gw juga minum kopi biar melek.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s