Jadul, But Still Usefull :P


Saat itu gw gi diminta bantuan buat diinstalin Linux di PC sodara sepupu gw, Nih bocah pengen makek linux. Well, baguslah😀

Gw semula mo nginstalin single OS Ubuntu di PCnya dia, cuman waktu gw perlihatkan seperti apa Ubuntu itu (di laptop Toshiba gw), nih bocah kekna belum user friendly ama gnome DE😀 Well, bisa aja gw instalin yang kubuntu sih klo mau, but wait, tiba-tiab pandangan gw tertuju ke 2 DVD bonus info linux tahun 2007-2008 lalu. Yup, Open suse 10.3 (instaler) dan repo tambahan.

Saat gw ngetik nih blog, open suse sudah memasuki versi 11.4, berarti udah jauh dunk nih jadulnya😀 tapi gapapa, itung2, gw juga mo mencicipi sejauh aman nih distro bisa dihandalkan di PC sodara gw😀

Mulailah gw mendemokan, mungkin tepatnya memerintahkan (karena yang melakukan proses instalasi setiap tahap adalah sodara gw, maksudnya biar dia sekalian belajar juga😀 ) proses instalasi dan konfigurasi open suse 10.3 itu. Yup, dari boot awal, dengan warna hijau yang teduh dan mencolok, benar-benar enak dipandang. Tampilannya juga user friendly, menu yang mudah dipahami bahkan oleh end user (dan nanti akan gw beritahu ke dia cara menggunakan YAST, lebih mudah dan cepat untuk administrasi software dan sistem kelseuruhan di ope suse😀 )

Proses instalasi berjalan lancar, sembari gw terangin dikit2 maksud2nya, misal mengapa membuat partisi dgn filetyp ext3, swap, dll. Sodara gw tipe yang cepat mengerti alias paham ama apa yang dijelaskan oleh orang lain. Dia cepat ngerti. Mantap juga nih bocah😀

Well, proses instalasi pun selesai, kemudian memasukkan dvd berisi repo tambahan, gw suruh kopikan ke home folder usernya dia, trus dibuatkan folder disana, kemduian via yast ditautkan. Gampang kan?😀

dan mulailah sodara gw ini belajar makek YAST, mulai dari instal2 program ampe setting networking (ada Speedy yang terpasang di rumahnya), sambil gw terangin dikit beda antara static dgn DHCP, gateway, IP, dll.

Kemudian, gw tunjukkan compiz dan nih bocah begitu terpana dengan tampilan desktop effectnya si open suse, jauh lebih bagus ketimbang vista atau apapun juga. Dia paling suka yang snow (salju) ama kubus, dan juga desktop yang kenayal kayak jelly😀

Di PC itu, memang dia yang punya, termasuk root password, tapi gw dikasi jatah buat bikin akun sendiri😀
Baguslah, bisa gw pakek bentar buat keperluian gw, misal online dan buka pesbuk😀

Well, inilah beberapa capture dari open suse 10.3 di PC sodara sepupu gw itu😀
Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

6 thoughts on “Jadul, But Still Usefull :P

    • he2, itu PC sodara dan dia malah senang dgn open suse versi yg itu, gapap lah😀

      Klo ane mah semua distro suka kok, masing2 punya cita rasa tersendiri.

      Yg penting kernelnya tetap sama😀

  1. Anak ane juga Boss… pakek Fedora 13, hoby nya maen GCompris, Potato guy, Childsplay, dan obok-obok inkscape sama TuxPaint..

    Kalo dah gini yah… sudah lah.. PC ane jadi milik mereka ha ha ha

    • He2, bagus gan😀

      Hm, kan bisa dibuati akun (user) buat merek masing2?😀

      jadi papi dan anak2 bisa sama2 makek tuh Linux di PC tanpa harus merusak data dan konfigurasi di dlmnya, he2😀

      Fedora 13 bagus juga gan🙂

Tinggalkan Balasan

