Mendownload Video Streaming di Youtube Via Browser Opera di Linux


Artikel saya kali ini membahas mengenai cara menyimpan file video yang di-streaming-kan oleh server Youtube ke client menjadi file mp4 atau flv (sesuai keperluan kita) dengan studi kasus pada browser Opera, terserah versi berapa, pada sistem operasi Linux, terserah pada distro apapun dan versi berapapun🙂

Sebagaimana yang kita ketahui, Youtube adalah salah satu dari sekian banyak web server yang memberikan layanan streaming video kepada client. Bagi saya (mungkin juga pembaca), video yang telah kita streaming mungkin ingin juga disimpan (save) ke dalam harddisk, agar sewaktu-waktu bisa kita putar secara offline via aplikasi multimedia di PC/laptop/Hp/gadget kita.

Untuk pengguna browser Mozilla Firefox, sudah tersedia plugin (pengaya) yang bisa diunduh gratis, sehingga bisa langsung mendownload (menyimpan) file video dan audio yang kita streaming dari layanan Youtube ini. Nah, bagaimana dengan pengguna browser Opera?
Sejauh yang saya ketahui, belum ada plugin untuk itu (mohon dikoreksi jika saya salah informasi/kurang update informasi).

Tidak usah khawatir, saya sendiri pengguna kedua buah browser itu di Linux saya, Fedora 8. Searching-searching, akhirnya ketemu juga sebuah artikel di blog komnuitas Opera (saya lupa menyimpan alamatnya, nanti saya coba tambahkan lagi jika telah ketemu) yang menjelaskan hal ini, lengkap beserta file scriptnya (java script) dan bagaimana menggunakannya. Hanya saja, di artikel itu ditujukan untuk sistem operasi Windows.

Akhirnya saya coba saja, toh tidak jauh beda antara di Linux dan di Windows😀 Cukup mencari path instalasi Opera. Jalankan perintah whereis opera.
[root@astina-pura Desktop]# whereis opera
opera: /usr/bin/opera /usr/lib/opera /usr/share/opera /usr/share/man/man1/opera.1.gz

Nah, ketemu kan?😀
Kini tinggal jelajahi satu per satu. Akhirnya, diketahui lokasinya di /usr/share/opera😀 jadi, mari kita masuki.
Pindah ke lokasi /usr/share/opera/. Buat sebuah folder bernama userjs (saya samakan saja namanya dengan di tutorial yang saya baca, toh diganti dengan nama lainnya pun tidak masalah😀 )
[root@astina-pura Desktop]# cd /usr/share/opera/
[root@astina-pura opera]# mkdir userjs
Lalu berikan permission kepada folder userjs yang baru saja kita buat. Agar mudah, berikan permission 777 aja (tertinggi tuh kekna🙄 😀 )
[root@astina-pura opera]# chmod 777 -R userjs

Kini unduh file script javascript tersebut di :
http://files.myopera.com/xErath/files/videoscript.js atau bisa juga di http://www.2shared.com/file/8276620/f43f4db7/script.html

Kemudian simpan, misal di Desktop. Lalu kopikan ke alamat path tadi di /usr/share/opera/userjs/.
[root@astina-pura opera]# cp /home/8yt35c0d3/Desktop/videoscripts.js /usr/share/opera/

Kini buka browser Opera anda. Buka Opera–>Tools -> Preferences -> Advanced -> Content (ingat centangkan opsi javascript–>klik tombol javascript options -> pada “user javascript folder” pilih choose dan arahkan ke /usr/share/opera/userjs/ –> OK–>apply (sesuikan bahasa Inggris ini dengan bhaasa Indonesia, jika anda menggunakannnya🙂 )

Mari kita uji. Buka sebuah tab di Opera, buka situs Youtube, kemudian ketik sebuah judul video, apa aja, maka, dengan sendirinya, di bagian atas akan muncul opsi untuk menyimpan video tersebut ke ekstensi .flv atau .mp4😀

Berikut capture di PC saya (Fedora 8) :
1.) Membuka situs Youtube dan memilih sebuah video untuk di-streaming sekaligus di-download.
satu

2.) Menyimpan ke lokasi di harddisk (saya memilih format mp4).
dua

3.) Memberi nama untuk video tersebut (secara default adalah video.ekstensi)
tiga

4.) Proses download, sementara video bisa distreaming atau berhenti streaming. Tidak berpengaruh terhadap proses download kok. Tenang aja😀
empat

Enjoy it🙂

Video yang telah didownload bisa diputar di aplikasi mulmed baik di PC/laptop anda maupun ditransfer ke ponsel/PDA via bluetooth atau kabel data. Tips ini juga bisa dicoba di web server lainnya yang menyuguhkan layanan video streaming seperti halnya Youtube.

Artikel saya selanjutnya mudah-mudahan bisa menjelaskan sedikit mengenai sharing file via bluetooth PC/laptop berbasis Linux-HP/PDA🙂.

Ini capture saat saya memainkannya di PC saya menggunakan aplikasi open source KMPLayer (engine aplikasi ini dari MPlayer). Klo yang di HP saya belum sempat memfotonya😀
mainkan

Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009

Tinggalkan Balasan

