Belajar Tabel Periodik Menggunakan GPeriodik


Tabel Periodik umumnya dipelajari oleh para siswa dan mahasiswa yang memperoleh pelajaran mengenai ilmu Kimia. Meski demikian, bagi orang awam, tidak ada larangan sedikitpun untuk sekedar tahu dan mempelajari isi di dalam tabel periodik tersebut😀

Keberadaan sebuah software untuk membantu siswa, mahasiswa, pengajar, dan orang lain yang ingin mempelajari ilmu Kimia sangatlah perlu, selain keberadaan literatur berupa buku-buku bacaan. Dengan tingkat kreaktifitas manusia, keberadaan perangkat lunak animasi (misal Flash), bisa dimanfaatkan untuk membuat aplikasi untuk membantu mempelajari ilmu Kimia, misal animasi mengenai ikatan antar unsur menggunakan Flash. Keberadaan aplikasi-aplikasi ini ada yang bersifat gratis, ada pula yang komersil.

Di dunia open source, ada banyak pilihan software (perangkat lunak) yang bisa digunakan untuk membantu bidang pendidikan, termasuk juga dalam mempelajari ilmu Kimia. Salah satunya, keberadaan aplikasi open source GPeriodic hasil karya Kyle R. Burton dan beberapa developer lainnya.

Aplikasi GPeriodic ini sangat sederhana, namun membantu setiap orang untuk mengetahui setiap unsur kimia yang dikenali di dunia ini. Tentu, tanpa harus membaca buku atau kamus lagi untuk mengetahui Tabel Periodik pada ilmu Kimia😀

Untuk langkah pertama, silahkan download aplikasi GPeriodic di situs resminya disini. Anda bisa mendownload file paket (source) lalu mengkompilenya, paket rpm, serta bisa juga mendowload versi terdahulu (jika diinginkan). Developer menyediakan juga changelog untuk hal ini.
Beberapa distro Linux sudah menyertakan di dalam paket repositorinya, misal pada Fedora 8 yang saya gunakan (Pada KDE Menu–>Pendidikan–>Keilmuan).

Untuk paket (tar.gz), anda cukup mengekstraknya terlebih dahulu di sembarang tempat, misal Desktop (ekstrac menggunakan Ark atau via terminal/konsole), pindah ke folder hasil ekstraksi, kemudian ketik make, dilanjutkan dengan make install.

Berikut beberapa capture yang diambil dari komputer saya untuk tiga langkah sederhana dalam penggunaannya.
1. Menjalankan aplikasi GPeriodik untuk pertama kalinya.
Menjalankan aplikasi GPeriodik

2.Menampilkan semua unsur kimia.
Tampilan GPeriodik

3.Klik salah satu unsur untuk mengetahui detail unsur bersangkutan. Misal ingin diketahui detail mengenai unsur Hindrogen (H).
Detail unsur Hidrogen

Sejauh ini, menurut pandangan saya, keberadaan aplikasi Gperiodik ini sangat membantu dan memberikan menu yang pas untuk mereka yang membutuhkannya dalam bidang Kimia. Yang masih kurang adalah dalam hal bahasa, secara default menggunakan bahasa Inggris. Mungkin ke depannya, ada developer dari Indonesia yang berperan dalam mentranslasi bahasanya ke dalam bahasa Indonesia, sehingga bisa dimengerti oleh orang Indonesia pada umumnya.

Menurut saya, sudah saatnya para guru dan pihak institusi pendidikan (dengan dukungan pemerintah juga) untuk menerapkan Free and Open Source Software (FOSS) di lingkungan pendidikan (sekolah, kampus/perguruan tinggi, pelatihan, dll).

“Free” tidak selalu berarti gratis, tapi “free” berarti kebebasan, tanpa terikat kepada vendor, bebas menggunakan, mengubah, menyebarluaskan, dengan tetap mengacu pada GNU/GPL.

Dengan menggunakan Linux sebagai sistem operasi dan aplikasi-aplikasi open source sebagia aplikasi-aplikasi yang dipakai, disamping menghemat biaya, juga bisa memanfaatkan komputer-komputer tua (karena Linux dan open source software berjalan baik juga pada mesin-mesin tua), di samping mengajarkan untuk tidak membajak sejak dini kepada generasi muda.

Dengan open source, dunia pendidikan Indonesia pun ikut terbantu. Tulisan ini hanya merupakan contoh kecil saja untuk lingkup ilmu Kimia.

Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009.

One thought on “Belajar Tabel Periodik Menggunakan GPeriodik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s