FEDORA 6 DENGAN BERBAGAI FUNGSI



I. INSTALASI FEDORA 6

i. PERSIAPAN

Minimal spesifikasi komputer anda : RAM 256 MB, processor 1,8 Ghz, VGA 64 MB, dengan kapasitas ruang harddisk 4 GB.Namun untuk lebih puas, dalam artian bisa sepuasnya ngoprek, menambahkan file,membuat server,dan sebagainya, disarankan ruang harddisk yang diberikan di atas 10 GB, procesor 3 Ghz atau lebih, memory (RAM) 512 MB atau lebih, dan VGA 128 MB atau lebih.

ii. PROSES INSTALASI SECARA UMUM

Secara umum, cukup siapkan hal-hal berikut pada harddisk anda (jika dual OS) : ruang kosong sebesar 4 GB atau 10 GB atau lebih sebagia root, ruang hardsik sebesar 2xRAM anda sebagai swap, dan bootloader sebesar 100-200 MB (option terakhir ini bisa dilewatkan, pakai saja yang di root). Pakai Partition Magic jika anda melakukan pekerjaan ini dari Windows XP.Jika anda pantang menggunakan software bajakan, silahkan lakukan partitioning ini saat instalasi nanti (option tersedia pada saat install).Solusi lainnya, pakai Gparted Live CD, semacam aplikasi open source yang berjalan langsung dr CD tanpa install.
OK, masukan CD 1 Fedora,lalu restart kompie anda.Tekan tombol Del terus sampai masuk BIOS.Lalu ubah settingan first boot primary device ke drive optik tempat anda memasukkan CD tadi.Tekan F10, lalu biarkan CD booting.
Klo loe dah biasa nginstall Red Hat ato IGOS ato Fedora yang jadul,pasti terbiasa dengan menu instalasi yang muncul.Lakukan saja sesuai perintah.Jika bingung, pilih saja option bahasa Indonesia.Oh ya, unuk instalasi, anda bisa memilih option untuk kostumasi saat ini juga atau nanti setelah instalasi selesai.Jika anda memilih untuk kostumisasi saat instalasi, CD 1 ampe CD 5 diperlukan.Jika kostumisasinya nanti, hanya CD 1 ampe CD 3 yang dipakai.CD lainnya dipakai saat bikin repo saja (baca di bawah).Jika memilih kostumisasi, loe bisa memilih untuk menu desktop KDE atu GNOME.Atau bisa juga keduanya.Jika memilih kostumisasinya nanti, secara default loe diberikan yang GNOME.Untuk migrasi KDE, bisa dilakukan via Add and Remove Program setelah repo dibuat (baca bawah).
Oh ya, tau bedanya GNOME ama KDE?Secara pengalaman gw ajah sih, klo GNOME itu tampilannya ga semenarik KDE.Cuma GNOME ga seberat KDE.Oh ya, di KDE loe bisa memakai Kongueror, browser web sekaligus browser untuk explore isi harddisk loe (semacam windows explorer di XP).Klo GNOME menyediakan Nautilus.
Setelah selesai, silahkan restart dan ikuti petunjuk selanjutnya.Gampang kok.Oh ya, jika di awal pemakaian anda menemui layar blank mirip konsole,silahkan login sebagai root, lalu ketik “startx”, artinya loe minta menjalankan X Windows, tampilan GUInya.

II. KONFIGURASI

Konfigurasi ini dilakukan setelah instalsi selesai dan loe reboot atau restart lagi.Meliputi
account user, settingan waktu, dan sebagainya.

III. MEMBUAT YUM REPOSITORY

Bahannya gw dapat dari bonus Info Linux, namun dengan beberapa perubahan kecil, agar lebih gampang dan lebih singkat.Berikut caranya :
1. Pindah ke directory /var/www/html
2. Buat folder baru bernama rpmtambahan, lalu di dalamnya buat lagi 2 folder baru, masing-masing bernama RPMS ama instaler.
3. Masukin CD 1 lalu cari folder RPMS.Copy isinya ke folder RPMS yang loe bikin tadi.
4. Lakukan hal yang sama pada CD 2 ampe CD 5.
5. Lalu ambil CD Extra Fedora, copy isinya ke folder Instaler.
6. Cari di Instaler ato RPMS, dimana letak paket bernama createrepo.Klo dah ketemu, catat alamatnya(dari terminal bisa menggunakan perintah whereis (namafile)).
7. Buka terminal, login sebagai root,lalu install deh paket rpm itu (rpm –ivh createrepo.rpm)
8. Ketik di terminal vi /etc/yum.conf, lalu tambahkan kalimat-kalimat berikut (cara ngedit isi teks file memakai vi gw bahas di bawah.Baca yah):
gpgcheck=0
[PaketRPMS]
name=PaketRPMS
baseurl=http://localhost(ato IP)/rpmtambahan/RPMS
enabled=1

gpgcheck=0
[PaketInstaler]
name=PaketInstaler
baseurl=http://localhost(ato IP)/rpmtambahan/Instaler
enabled=1

Di bagian atasnya edit seperti ini:
#gpgcheck=1 –> beri tanda comment pada opsi gpgcheck,
gpgcheck=0 kemudian beri opsi 0 untuk disable gpgcheck
9. Jalankan server httpd via Services ato ketik di terminal (login root yah) services httpd start
10. Ketik di terminal cd /var/www/html/rpmtambahan/RPMS
11. Lalu ketik createrepo . (baca yang benar, ada spasi dan tanda titik.Ini suatu perintah di root)
12. Ketik di terminal cd /var/www/html/rpmtambahan/Instaler
13. Ulangi langkah no 11.
14. Langkah 12 dan 13 bisa dijalankan klo proses pada perintah no 11 udah selesai.
15. cd /etc/yum.repos.d
16. Lalu ketik ls
17. Terlihat beberapa file .repo kan?edit pake vi, lalu loe ubah (untuk setiap file) enabled menjadi 0 dan baseurl ke alamat rpmtambahan (ga perlu ke alamat RPMS ato Instaler.OK?)
18. Lalu ketik deh yum check-update.
19. Kelar.
20. Kini, setiap mo nginstall ato uninstall, cukup buka di start menu-nya Fedora, lalu cari Add\Remove Program (package manager).Klik List.

IV. MEMBUAT SERVER WEB
Syaratnya, loe harus install beberapa paket ini .Biar gampang, via menu Add/Remove Program (Package Manager) ajah.Secara default, saat loe dah kelar install Fedora, httpd sebagai server juga udah terinstall.Cukup aktifkan via menu Services, lalu save.Oh ya, beberapa paket lainnya yang harus diinstall antara lain:
1. MySQl (versi 5 pada Fedora 6 ini)
2. MySQL Administrator
3. MySQL Bench
4. MySQL GUI Common
5. MySQL Server (versi 5 pada Fedora 6 ini)
6. MySQL Client (bebas, 10 atau 14)
7. MySQL Test
8. PHP (versi 5 pada Fedora 6 ini)
9. PHP cli
10. PHP Common
11. PHP dba
12. PHP Devel
13. PHP ldap
14. PHP manual
15. PHP MySQL

Lalu pada /var/ww/html/ ,letakkan (paste) e107 (buat dulu folder dengan namanya bebas).lalu di browser ketik http://IP/nama folder, dan otomatis loe akan masuk ke install.php.lakukan sesuai permintaan.Oh ya, setelah itu, akan muncul sedikit error.Tuh artinya, loe harus chmod 777.

Buka konsole, lalu login sebagai root, lalu ketik chmod 777 (directory+nama file ato folder), refresh,lalu beres deh…

V. KONFIGURASI MYSQL, PHP-MYSQL,DAN PHPMYADMIN

Untuk konfigurasi MYSQL (termasuk juga PHP MYSQL untuk koneksi PHP dan DBnya),loe cukup mengaktifkan dan me-non aktifkan via menu Services. Bisa juga via terminal (login root yah) service mysql start.
Konfigurasi httpd.conf bisa dilakukan jika anda ingin membuat situs anda bisa diakses oleh komputer lainnya.Tentu saja, localhost harus diganti menjadi IP anda.Berikut caranya : buka terminal (konsole), lalu login sebagai root.Kemudian ketik whereis httpd.conf. Setelah dapat lokasinya, ketik vi httpd.conf, lalu editlah.Oh ya, tips pake vi:klo mo ngedit (setelah dokumen terbuka), tekan shift+I, lalu edit yang perlu.Setelah itu tekan Esc, lalu ketik :wq

Pada httpd.conf ini, ubahlah servername localhost:80 menjadi servername IP loe:80.Lalu save.Kini di browser, ketik IP loe.ga usah localhost lagi.dan setipa client di jaringan loe bisa ikut mengakses situs loe itu. OK?
Untuk konfigurasi Phpmyadmin sebagai berikut.Pertama buka di browser http://localhost/phpmyadmin atau http://IP/phpmyadmin. Secara default, loe langsung bisa melihat semua isi database yang loe punya.Klo masih pake localhost sih, ga papa.But, klo dah public alias pake IP, setiap client bisa masuk dengan hanya mnegtikkan alamat tadi.Makanya aturlah privillege(hak akses)-nya.Pertama, klik menu privilege (ato hak akses jika loe milih pake bahasa Indonesia).Lalu hilangkan user any yang tidak punya password.Untuk dua buah user root yang belum terpassword, JANGAN dihapus.Cukup centangin (1 user ajah dulu),lalu cari di bagian kanan (menu edit).Udah deh, tambahin passwordnya.Jangan sampe lupa yah.LSetelah itu, klik “Go” yang ada di pojok kanan bawah.Lalu klik di atas (kata “server:localhost”, semacam reload).lakukan hal yang sama untuk user root berikutnya.Disini juga loe bisa membuat user baru selain root.Tentukan juga hak user ini sebagaimana user root tadi (terserah, user ini apakah setara root atau tidak).
Lalu buka file config.default.php yang ada di /var/www/html/phpmyadmin.Buka ajah pake kate ato editor lainnya.Lalu ubah beberapa konfigurasinya.Pertama beri nilai 46 pada $cfg[‘blowfish_secret’] = ‘ ‘; sehingga menjadi $cfg[‘blowfish_secret’] = ’46’; (sebenarnya selain 46 juga boleh kok😀 )
Lalu pada $cfg[‘Servers’][$i][‘auth_type’]= ‘config’; ganti nilai config menjadi cookie sehingga menjadi $cfg[‘Servers’][$i][‘auth_type’]= ‘cookie’; Udah deh, save ajah.

VI. HAL LAINNYA USING FEDORA

1. Mutar video. Gunakan ajah Mplayer.Mendukung semua format video kok, asal library ato codec-nya loe dah punya.
2. Buat ngetik ato office lainnya (ga perlu pake Microsoft Office bajakan lagi, toh hasilnya bisa disimpan format doc), ngeprint jugak😀 Handalannya Open Office Org (Write dkk..)
3. Presentasi ga usah pake powerpoint lagi.
4. Mutar lagu dunk. MP3, pake XMMS, semacam Winamp
5. Selain itu, Fedora pun bisa dijadikan OS untuk pengembangan Perangkat Lunak.pada saat instalasi, ada option yang bisa dipilih (Office, Pengembangan Perangkat Lunak, Server Web).

Sumber :
 Majalah Info Linux (4 manual bikin repo Fedora, bonus Distro+paketannya)
 All My friends sesama pengoprek Linux
 Para sahabat chat dan forum di dunia maya.
 Mr Google 4 his search.Thnks a lot uncle!
 Komunitas Linux di seluruh Indonesia dan dunia, termasuk juga Baliwae di Bali.

About me:
 Nick Putu Shinoda, suka ngoprek Linux, ngenet, baca, jalan-jalan, dengar musik.
 Saat ini (Juni 2007) gw adalah mahasiswa semester 6 S1 Teknik Informatika STT Telkom Bandung, merangkap sebagai asisten di Common Labz.
 More of me see at http://www.friendster.com/putushinoda (add yah..biar gw banyak teman)

Kata-kata lainnya :
Segala kesalahan kata pada tutor ini mohon dimaafkan.Jika ada pembaharuan, mohon diedit.Anda bebas menyebar luaskan info ini untuk kepentingan bersama (pendidikan).
Belum dicoba untuk Fedora 7 yang akan rilis.

Artikel ini bisa juga anda dapatkan di :
http://www.go-aliya.com
ubuntu.nad.go.id/download/panduan/Fedora/Fedora_6.pdf
simbangando.wordpress.com/ 2007/11/08/fedora-core-7-yum-dan-java/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s